kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghilangkan kantung mata secara alami


Jumat, 28 Agustus 2020 / 09:00 WIB
Cara menghilangkan kantung mata secara alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menghilangkan kantung mata bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam produk perawatan atau bahan-bahan alami. Namun, kantung mata akan kembali muncul jika tidak ada perubahan dalam pola hidup Anda.

Mengutip dari Healthline, kantung mata disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari alergi, eksema, kelelahan parah, masalah pigmentasi, paparan sinar matahari, dan penuaan. Penerapan pola hidup sehat bisa jadi cara menghilangkan kantung mata.

Usahakan untuk selalu tidur selama 8 jam tiap malam. Jika Anda kesulitan untuk tidur, cobalah beberapa trik berikut. Atur jadwal tidur dan bangun tidur rutin, hindari alkohol, kafein atau makanan sebelum waktu tidur, dan matikan handphone, tv, atau layar lain sebelum tidur.

Baca Juga: Tertarik dengan minuman kolagen? Cek dulu fakta ini

Cara menghilangkan kantung mata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kolagen dan zat besi. Seiring berjalannya usia, banyak otot wajah yang mengendur sehingga makanan dengan kolagen tinggi bisa dijadikan solusi.

Berhenti merokok juga bisa jadi cara menghilangkan kantung mata. Kebiasaan merokok mengurangi jumlah vitamin C yang tersimpan sehingga tubuh jadi kekurangan kolagen.

Selain kebiasaan-kebiasaan tersebut, cara menghilangkan kantung mata bisa dilakukan menggunakan beberapa jenis bahan alami. Misalnya, kompres dingin atau kantung teh.

Kantung Teh

Teh memiliki beragam manfaat, salah satunya bisa dipakai sebagai cara menghilangkan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan alirah darah di kulit. Teh juga bisa melindungi kulit dari sinar UV dan mengurangi proses penuaan.

Pertama, siapkan dua kantung teh kemudian rebus selama tiga hingga lima menit. Setelah itu, diamkan kantung teh selama 20 menit. Selanjutnya, peras kantung teh untuk mengeluarkan sisa air lalu letakkan di area kantung mata. Aplikasikan kantung mata selama 15 – 30 menit.

Baca Juga: Manfaat masker kopi dan cara membuatnya

Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan kompres dingin. Cara ini bisa membuat pembuluh darah di sekitar mata mengencang. Meski Anda bisa membeli kompres dingin di toko, tapi tak ada salahnya jika membuatnya sendiri di rumah.

Anda bisa menggunakan sendok logam dingin, timun atau sayuran beku lainnya, dan lap basah. Jika Anda menggunakan sendok atau sayuran, jangan lupa melapisinya dengan kain agar kulit tak terasa terlalu dingin. Aplikasikan kompres selama beberapa menit saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×