Cara mengembalikan indra penciuman ini patut Anda coba

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengembalikan indra penciuman ini patut Anda coba

ILUSTRASI. Bahan-bahan alami dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengembalikan indra penciuman.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain Covid-19, masih banyak faktor lain yang membuat Anda tak bisa mencium bau. Misalnya, flu, sinusitis, dan lain-lain. Cara mengembalikan indra penciuman pun perlu Anda lakukan supaya kesehatan Anda tak memburuk.

Menurunnya fungsi indra penciuman atau biasa disebut dengan anosmia tak boleh Anda abaikan. Biasanya, kondisi itu dibarengi dengan berkurangnya kemampuan indra pencecap. Anda menjadi tak bisa merasakan makanan dan minuman seperti biasa.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini untuk mengembalikan kemampuan indra penciuman. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu pergi ke dokter, ya. Tetap periksakan kondisi tubuh Anda supaya kesehatan terus terpantau.

Minyak Kayu Putih

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), minyak kayu putih memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan. Dengan begitu, indra penciuman bisa bekerja dengan lebih baik.

Caranya, campur beberapa tetes minyak kayu putih dalam sebuah wadah yang berisi air panas. Hirup uap yang keluar dari air tersebut selama 10 sampai 15 menit. Anda bisa melakukan cara mengembalikan indra penciuman itu sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Bahan alami ini ternyata bisa dijadikan obat anosmia, lo

Peppermint

Peppermint jadi obat anosmia berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Mentol yang terkandung dalam bahan alami itu berperan sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Anda perlu merebus 10-15 lembar daun peppermint terlebih dahulu.

Setelah mendidih, saring lalu diamkan sebentar. Tambahkan madu dalam air rebusan peppermint itu untuk menambah cita rasa. Untuk mendapat hasil maksimal, minum air rebusan peppermint dua kali dalam sehari.

Cuka Apel

Salah satu cara mengembalikan indra penciuman adalah memanfaatkan cuka apel.

Cara mengembalikan indra penciuman juga bisa Anda lakukan memakai cuka apel, lo. Sama seperti bahan alami sebelumnya, cuka apel dipenuhi dengan antiinflamasi dan antimikroba. Jenis cuka itu mampu melawan infeksi yang menyerang indra penciuman dan indra pencecap Anda.

Anda perlu mencampur 1 sdm cuka apel dalam satu gelas air hangat terlebih dahulu. Anda juga bisa menambahkan madu sesuai selera jika mau. Aduk rata lalu minum air cuka apel itu sebanyak sekali dalam sehari.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, ini 4 cara memulihkan anosmia

Kayu Manis

Kayu manis dan madu berguna sebagai cara mengembalikan indra penciuman.

Bahan alami lainnya yang disarankan Stylecraze untuk mengobati anosmia adalah kayu manis. Pertama, campur ½ sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt madu. Aduk rata kemudian aplikasikan campuran itu di lidah selama 10 menit. Lakukan cara itu dua kali sehari supaya anosmia bisa sembuh lebih cepat.

Selanjutnya: Pakai jahe, begini cara mengatasi anosmia untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru