Bahan alami ini ternyata bisa dijadikan obat anosmia, lo

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan alami ini ternyata bisa dijadikan obat anosmia, lo

ILUSTRASI. Air garam dapat Anda jadikan obat anosmia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhir-akhir ini, ada banyak orang yang mengalami anosmia atau menurunnya fungsi indra penciuman. Jika dibiarkan, tentu saja hal itu sangat mengganggu kegiatan Anda. Salah satu cara mengatasinya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai obat anosmia.

Anosmia merupakan salah satu gejala Covid-19. Namun, kondisi itu juga bisa terjadi karena faktor yang lain, lo. Beberapa penyebab anosmia yang disebutkan Thehealthsite.com adalah alergi, polip hidung, sinusitis, tumor, asap rokok, atau masalah kesehatan lain yang Anda miliki.

Supaya tidak bertambah parah, cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini. Namun, apabila kondisi Anda tak membaik dalam jangka waktu tertentu, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Nantinya, dokter akan memeriksa dan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Air Garam

Obat anosmia yang pertama adalah air garam. Caranya, campur garam dan baking soda, masing-masing 1 sdt, dalam segelas air. Semprotkan campuran itu di lubang hidung secara bergantian. Lakukan cara tersebut beberapa kali untuk membersihkan infeksi dan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

Baca Juga: 6 Makanan yang bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh

Minyak Jarak

Thehealthsite.com menyebutkan bahwa minyak jarak sudah lama digunakan untuk mengatasi menurunnya fungsi indra penciuman. Para peneliti mengatakan bahwa manfaat minyak jarak itu datang dari asam risinoleat yang efektif melawan infeksi dan dan pembengkakan.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup tuangkan 2 tetes minyak jarak hangat di masing-masing lubang hidung. Lakukan langkah tersebut sebanyak dua kali, yaitu di pagi dan malam hari sebelum Anda tidur.

Baca Juga: Cari cara mengatasi anosmia secara alami? Coba 4 bahan ini

Jahe

Salah satu obat anosmia adalah jahe.

Obat anosmia berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai jahe. Selain meredakan pembengkakan, kandungan dalam bahan alami tersebut pun efektif mengurangi produksi lendir. Dengan begitu, penyumbatan dapat berkurang sehingga fungsi indra penciuman Anda dapat kembali.

Latihan Mencium Aroma

Latihan mencium aroma bisa jadi obat anosmia.

Supaya anosmia bisa sembuh dengan lebih cepat, usahakan untuk rutin melatih indra penciuman Anda. Pertama, siapkan 4 essential oil dengan aroma yang berbeda-beda. Hirup aroma essential selama masing-masing 20 detik. Ulangi latihan itu tiga kali dalam sehari, ya.

Selanjutnya: 4 Cara mengobati anosmia yang bisa Anda coba, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru