Cari cara mengatasi anosmia secara alami? Coba 4 bahan ini

Selasa, 14 September 2021 | 08:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara mengatasi anosmia secara alami? Coba 4 bahan ini

ILUSTRASI. Buah jeruk dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi anosmia secara alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anosmia atau menurunkan fungsi indra penciuman biasanya jadi salah satu gejala Covid-19. Namun, kondisi itu juga bisa terjadi karena faktor lain, lo, misalnya infeksi flu. Untuk mengatasinya, cara mengatasi anosmia secara alami perlu segera Anda coba.

Jika anosmia terus dibiarkan, bukan tidak mungkin nafsu makan Anda ikut menurun. Hal itu justru dapat memperlambat proses penyembuhan Anda dari suatu penyakit. Sayangnya, belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa bahan tertentu dapat benar-benar mengobati anosmia.

Beberapa bahan alami di bawah ini hanya bisa digunakan untuk melatih indra penciuman. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga membantu tubuh supaya bisa sembuh dengan lebih cepat.

Bawang Putih

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), bawang putih termasuk salah satu jenis bahan alami yang kaya akan antivirus. Kandungan dalam bawang putih juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Karena aromanya yang tajam, Anda bisa menggunakan bawang putih untuk meredakan inflamasi atau peradangan di saluran pernapasan. Dengan begitu, fungsi indra penciuman dan indra pencecap Anda bisa kembali seperti semula.

Baca Juga: Selain Covid-19, ini penyebab lain anosmia

Essential Oil

Cara mengatasi anosmia secara alami berikutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan essential oil. Aroma yang keluar dari essential oil bisa melatih otak Anda untuk kembali mencium bau. Hal yang perlu Anda lakukan sangat mudah.

Pertama, hirup empat jenis essential oil masing-masing selama 20-40 detik. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, mawar, cengkih, atau lemon. Lakukan langkah tersebut sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari sampai fungsi indra penciuman kembali.

Baca Juga: Mudah dicoba, cek 5 cara mengatasi hidung tersumbat ini

Jeruk

E Times merekomendasikan Anda untuk mencium aroma jeruk bakar secara rutin. Anda juga bisa mengonsumsi daging buahnya karena vitamin C baik untuk sistem imun tubuh. Meski demikian, masih perlu lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikannya.

Cabai Rawit

Salah satu cara mengatasi anosmia secara alami adalah memakai cabai rawit.

Bahan alami lain yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi anosmia adalah cabai rawit. Capsaicin, salah satu kandungan yang terdapat dalam cabai rawit efektif mengatasi hidung tersumbat. Tak hanya itu, capsaicin juga mampu mengaktifkan indra dan meningkatkan fungsi olfaktori secara keseluruhan.

Selain mengatasi anosmia, cabai rawit juga bisa Anda jadikan obat flu. Anda hanya perlu minum air rebusan cabai rawit. Jangan lupa untuk menambahkan pemanis alami, seperti madu, dalam air cabai yang akan Anda minum, ya.

Selanjutnya: 5 Cara menyehatkan tubuh setelah terinfeksi Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru