kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dicoba, cek 5 cara mengatasi hidung tersumbat ini


Rabu, 11 Agustus 2021 / 14:25 WIB
Mudah dicoba, cek 5 cara mengatasi hidung tersumbat ini
ILUSTRASI. Mengonsumsi minuman panas bisa jadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tersumbat adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beragam cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda jadikan pilihan.

Biasanya, hidung tersumbat membuat Anda kesulitan untuk bernapas atau mencium aroma sesuatu. Jika terus dibiarkan, kondisi itu dapat mengganggu waktu istirahat di malam hari sehingga kesehatan tubuh semakin sulit terjaga.

Nah, cara-cara di bawah ini bisa Anda coba supaya hidung tersumbat bisa sembuh. Namun, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Terlebih jika Anda mengalami masalah kesehatan lain, seperti demam, batuk, dan lain sebagainya.

Konsumsi Minuman Panas

News 18 (news18.com) menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman panas, seperti teh, bisa jadi salah satu obat hidung tersumbat. Mengonsumsi jenis minuman itu dapat mengencerkan lendir sehingga lendir menjadi lebih mudah dikeluarkan dan hidung tersumbat pun dapat teratasi.

Salah satu jenis teh yang dapat Anda jadikan pilihan adalah teh hijau karena mengandung banyak antioksidan. Menambahkan jahe pada minuman panas yang Anda konsumsi juga bisa jadi pilihan yang baik supaya hidung tersumbat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Latihan mencium menggunakan daun mint untuk atasi anosmia

Makan Sup Ayam

Tidak hanya mengonsumsi minuman panas, cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa Anda lakukan dengan makan sup ayam. Sup ayam panas memiliki aroma yang efektif mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Dengan begitu, Anda tak lagi mengalami hidung tersumbat.

Minum Air Putih

Mengutip dari News 18, banyak minum air putih dapat mengatasi hidung tersumbat dengan baik. Tidak hanya itu, minum air putih juga mampu meringankan sakit tenggorokan. Cobalah untuk memperbanyak asupan air putih, apalagi jika Anda juga menderita sinus.

Baca Juga: Jahe hingga madu, ini 5 cara mengatasi hidung tersumbat

Manfaatkan Cabai

Capsaicin dalam cabai rawit dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.

Tahukah Anda bahwa cabai bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat? Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi cabai dapat meringankan gejala flu, tak terkecuali hidung tersumbat. Bukan tanpa alasan, manfaat itu datanga dari capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Gunakan Humidifier

Biasanya, hidung tersumbat terjadi karena jaringan di sekitar saluran pernapasan iritasi atau terjadi pembengkakan pembuluh darah. Salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan mengontrol kelembaban udara yang Anda hirup. Cobalah untuk melakukannya dengan memakai humidifier.

Selanjutnya: 5 Manfaat minum air hangat selama pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×