5 Manfaat minum air hangat selama pandemi Covid-19

Senin, 09 Agustus 2021 | 14:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat minum air hangat selama pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Kesehatan tubuh selama pandemi Covid-19 bisa tetap terjaga saat Anda rutin mengonsumsi air hangat.


KONTAN.CO.ID - Meski tidak bisa menyembuhkan infeksi virus corona secara menyeluruh, ada banyak manfaat minum air hangat yang bisa Anda dapat. Apalagi, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Selain menjaga tubuh agar tetap dehidrasi, minum air hangat juga bisa mengatasi gejala virus corona ringan. Misalnya, hidung tersumbat, batuk, demam, dan lain sebagainya. Artinya, tak ada salahnya untuk mengonsumsi air hangat secara teratur.

Tidak hanya mengatasi gejala virus corona ringan, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi air hangat. Mulai dari mengobati sembelit, hingga menurunkan stres.

Baca Juga: Pasca terinfeksi Covid-19 batuk tak kunjung sembuh, ini yang harus dilakukan

Obat sembelit

Mengutip dari Only My Health, rutin mengonsumsi air hangat termasuk salah satu obat sembelit. Air hangat akan melunakkan tekstur feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, air hangat juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Mengurangi stres

Selama pandemi Covid-19, Anda menjadi lebih rentan mengalami stres berlebih. Jika terus dibiarkan, tentu saja hal itu tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Nah, minum air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan produksi hormon positif dalam tubuh.

Baca Juga: Percepat penyembuhan Covid-19, konsumsi 3 nutrisi penting ini

Mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat jadi salah satu gejala Covid-19 yang bisa Anda alami. Untuk mengatasi ciri-ciri terinfeksi virus corona itu, cobalah untuk minum air hangat.

Tidak berhenti sampai di situ, Only My Health menyebutkan, minum air hangat juga efektif mengobati pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Menurunkan demam

Salah satu manfaat minum air putih adalah menurunkan demam.

Demam jadi gejala Covid-19 lain yang bisa Anda alami. Cobalah untuk minum air hangat supata suhu tubuh lebih terkontrol.

Namun, jika suhu tubuh tak kunjung turun, jangan tunda waktu Anda untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi, jika Anda baru saja berada di tempat umum dengan risiko penularan Covid-19 tinggi.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat minum air hangat berikutnya adalah membantu sistem pencernaan mengeluarkan sisa makanan yang tak dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Sistem lain dalam tubuh juga bisa bekerja lebih maksimal jika sistem pencernaan sehat.

Selanjutnya: Redakan Anosmia dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru