Jahe hingga madu, ini 5 cara mengatasi hidung tersumbat

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 12:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jahe hingga madu, ini 5 cara mengatasi hidung tersumbat


KONTAN.CO.ID - Hidung tersumbat bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Supaya masalah kesehatan yang lebih parah dapat Anda hindari, ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat untuk Anda.

Hidung tersumbat merupakan salah satu respons tubuh saat ada benda asing yang menginfeksi. Infeksi membuat sistem saraf di bagian hidung terstimulasi sehingga ada banyak pembuluh darah yang memenuhi bagian tersebut.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Namun, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari risiko efek samping.

Jahe

Mengutip dari Pharmeasy, jahe merupakan salah satu jenis bahan alami yang mengandung banyak antiinflamasi dan antioksidan.

Maka dari itu, jahe cocok digunakan untuk mengobati hidung tersumbat. Caranya, minum air rebusan jahe sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Langkah pertolongan pertama ketika mimisan

Bawang merah

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah memanfaatkan bawang merah. Bahan alami tersebut memiliki aroma khas yang cukup kuat.

Cobalah untuk mencium aroma bawang merah selama lima menit supaya hidung tersumbat dapat hilang.

Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan hidung tersumbat, lo.

Sama seperti bahan alami yang lain, bawang putih dipenuhi dengan antioksidan yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, infeksi penyebab hidung tersumbat dapat teratasi.

Cuka apel

Pharmeasy juga merekomendasikan cuka apel sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Antibakteri, antijamur, dan nutrisi lain yang terkandung dalam cuka apel efektif menyembuhkan masalah pada sistem pernapasan Anda.

Cara yag perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, campur 2 sdt cuka apel dalam segelas air hangat.

Konsumsi minuman tersebut minimal sebanyak tiga kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk meningkatkan cita rasa.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi sesak nafas, bisa pakai bahan alami

Madu

Madu berguna sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.

Supaya hidung tersumbat bisa sembuh, tak ada salahnya untuk mencoba madu. Selain mengatasi hidung tersumbat, madu juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dan mengurangi produksi lendir akibat infeksi.

Caranya, tambahkan 2 sdm madu dalam segelas air hangat lalu konsumsilah minuman itu secara rutin. Selain dicampur dengan air hangat, Anda juga bisa menambahkan madu dalam susu.

Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah usia satu tahun karena bisa menimbulkan reaksi alergi.

Selanjutnya: Ini 5 manfaat bawang putih, bisa dijadikan obat batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru