Tak banyak yang tahu, ini 4 cara memulihkan anosmia

Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, ini 4 cara memulihkan anosmia

ILUSTRASI. Jahe adalah salah satu jenis rempah yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara memulihkan anosmia.

KONTAN.CO.ID - Sebenarnya, anosmia atau hilangnya kemampuan indra penciuman tak hanya terjadi karena Covid-19. Infeksi virus dan bakteri yang lain juga bisa menimbulkan masalah serupa. Tapi, ada banyak cara memulihkan anosmia.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah minum banyak air putih. Biasanya, anosmia juga dibarengi dengan meningkatnya produksi lendir. Apabila terus dibiarkan, lendir bisa memperparah masalah Anda yang tak bisa mencium bau.

Minum air putih akan mengencerkan lendir sehingga lebih mudah untuk Anda keluarkan. Tidak berhenti hanya di minum air putih, tentu masih ada beragam obat anosmia lainnya dari bahan alami yang bisa Anda gunakan.

Usahakan untuk melakukan obat anosmia dari bahan alami berikut ini secara rutin supaya bisa sembuh dengan lebih cepat:

Jahe

Mengutip dari Health Shots, jahe termasuk salah satu bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat anosmia. Anda bisa mengunyah jahe secara langsung atau minum air rebusan jahe.

Aroma kuat yang keluar dari jahe bisa membantu mengembalikan kemampuan indra penciuman.

Baca Juga: 6 Makanan yang bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh

Bawang putih

Bawang putih dapat Anda pakai sebagai cara memulihkan anosmia.

Cara memulihkan anosmia berikutnya adalah dengan memakai bawang putih. Bawang putih mengandung antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan di saluran pernapasan. Dengan begitu, fungsi indra penciuman Anda dapat kembali.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, rebus dua hingga tiga siung bawang putih yang sudah dipotong-potong dalam segelas air. Setelah mendidih, diamkan sebentar lalu minum air rebusan tersebut.

Peppermint

Cara memulihkan anosmia bisa memakai peppermint.

Baca Juga: Anda bisa coba, berikut 4 cara mengobati anosmia

Health Shots menyebutkan, ada banyak kandungan dalam daun peppermint yang bisa mengobati anosmia. Mulai dari mentol, antimikroba, hingga antiinflamasi.

Anda perlu merebus 10 lembar daun peppermint dalam segelas air lalu minum air rebusan itu. Anda bisa menambahkan sedikit madu di dalamnya.

Minyak jarak

Cara memulihkan anosmia lainnya yang bisa Anda coba adalah memakai minyak jarak. Pertama, letakkan minyak jarak di tiap lubang hidung, masing-masing satu tetes. Lakukan langkah tersebut sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Nah, dari beberapa cara tersebut, mana bahan alami yang ingin Anda gunakan? Perlu diperhatikan, cara-cara di atas hanya sebagai obat sementara, ya. Jika memang diperlukan, jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Selanjutnya: 4 Juta pasien Covid-19 sembuh, ini cara mengembalikan indra penciuman yang hilang

Editor: Belladina Biananda
Terbaru