kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Juta pasien Covid-19 sembuh, ini cara mengembalikan indra penciuman yang hilang


Jumat, 01 Oktober 2021 / 10:02 WIB
4 Juta pasien Covid-19 sembuh, ini cara mengembalikan indra penciuman yang hilang
ILUSTRASI. 4 Juta pasien Covid-19 sembuh, ini cara mengembalikan indra penciuman yang hilang


Sumber: Sonora.id | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Lebih dari 4 juta warga Indonesia sudah sembuh dari Covid-19. Namun setelah dari Covid-19, masih banyak yang kehilangan kemampuan indra penciuman atau mengalami anosmia. Lalu, bagaimana cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat virus corona penyebab Covid-19. 

Satgas Covid-19 mencatat hingga 30 September 2021, kasus Covid-19 di Indonesia terkonfirmasi sebanyak 4.215.104 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 4.037.024 sudah sembuh atau menjadi penyintas Covid-19. 

Namun, pandemi Covid-19 belum berakhir. Masih banyak masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan kehilangan kemampuan indra penciuman akibat virus corona.

Lalu bagaimana cara mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19?

Baca juga: Menunggu Gelombang Covid-19 Berikutnya

Dikutip dari Sonora.id, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia dalam program KamuSehat di Radio Sonora FM menyatakan setidaknya ada 3 cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan kemampuan indra penciuman akibat Covid-19 maupun virus lain.

  • Konsumsi suplemen omega 3

Cara pertama mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah dengan suplemen omega 3. “Konsumsi suplemen berupa omega 3,” ungkap dr. Santi.

Beberapa peneliatian dan artikel menyebutkan bahwa asam lemak dalam omega 3 yang ditemukan di dalam minyak ikan bisa melindungi sel saraf dan kerusakan lebih lanjut. Bahkan kandungan tersebut bisa membantu meregenerasi pertumbuhan saraf untuk membantu memulihkan anosmia.

Baca juga: Epidemiolog harap vaksin booster diprioritaskan bagi lansia

  • Semprot hidung

Cara kedua mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah semprot hidung. “Bisa juga menggunakan obat semprot hidung steroid yang tentunya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter,” sambungnya.

Obat yang satu ini adalah salah satu obat semprot hidung yang bisa digunakan sebagai pengobatan pertama untuk melawan alergi atau virus.

Penggunaannya ditujukan untuk mengurangi peradangan pada saluran hidung, dan dianggap bisa mengurangi anosmia, namun perlu adanya petunjuk dan konsultasi dengan dokter sebelum penggunaannya.

  • Latihan olfaktori

Cara ketiga mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah latihan olfaktori. “Bisa membantu dengan terapi berupa latihan penciuman, latihan olfaktori,” tegas dr. Santi.

Caranya adalah dengan menyediakan 3 benda dengan bau yang menyengat, kemudian masing-masing bau dihirup selama 20 detik secara bergantian.

Lakukan latihan untuk mengembalikan indra penciuman ini dua kali sehari. Cara mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang ini disebut sebagai smell training atau olfactory training yang bisa mempercepat penyembuhan anosmia.

Demikian tiga cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain. Setelah sembuh dari Covid-19, kini Anda bisa lebih cepat mendapatkan suntikan vaksin agar tidak terinfeksi kembali.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Lebih cepat, penyintas Covid-19 kini bisa suntik vaksin sebulan setelah sembuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×