kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Kompres, Cek Cara Lain Menghilangkan Gout Di Kaki


Rabu, 20 September 2023 / 07:06 WIB
Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Kompres, Cek Cara Lain Menghilangkan Gout Di Kaki
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Kompres, Cek Cara Lain Menghilangkan Gout Di Kaki


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Menghilangkan Asam Urat Di Kaki- Jakarta. Cara menghilangkan gejala asam urat di kaki bisa menggunakan kompres. Selain itu, simak cara lain menghilangkan gejala asam urat di kaki secara alami.

Gejala asam urat di kaki sering menimbulkan rasa nyeri. Terkadang rasa nyeri tersebut tidak menganggu, tapi bisa juga menyakitkan.

Kompres bisa menjadi salah satu cara menghilangkan gejala asam urat di kaki. Kompres akan membantu mengurangi rasa nyeri yang merupakan salah satu gejala asam urat.

Dilansir dari Kompas.com, Everyday Health menyebutkan kompres dingin ataupun panas sama-sama bisa digunakan untuk mengurangi gejala nyeri di kakiĀ  tangan akibat asam urat. Lalu bagaimana cara menghilangkan gejala asam urat di kaki dengan kompres?

Jika Anda ingin mencoba kompres dingin untuk meringankan gejala asam urat, ambillah beberapa potong es batu yang dibalut dengan kain bersih. Anda juga bisa mengisi botol dengan air dingin dan es lalu letakkan pada bagian sendi yang sakit.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Mencegah dan Meredakan Asam Urat Tinggi di Tumit

Kompres dingin bisa dilakukan selama 15-20 menit untuk meredakan nyeri dan pembengkakan sendi akibat gout. Anda dapat mengulangi cara tersebut sampai rasa sakit mereda. Untuk hasil yang maksimal, gunakan kompres dingin dalam 1-2 hari setelah terjadi pembengkakan sendi.

Sementara itu, jika Anda ingin menjajal kompreshangat untuk mengatasi asam urat, gunakan bantalan penghangat agar kulit tidak kepanasan atau terbakar. Bantalan penghangat bisa dibuat dengan meletakkan kain ke dalam kotak tahan panas atau totebag kemudian hangatkan di dalam microwave. Setelah itu, letakkan bantalan penghangat tersebut di area sendi yang sakit selama 15 menit.

Anda dapat mengulangi cara yang sama hingga nyeri mereda. Jika setelah mengompres sendi yang sakit asam urat tak kunjung reda, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang paling pas sesuai tingkat keparahan gout.

Cara lain menghilangkan gejala asam urat di kaki

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Kadar normal asam urat wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan kadar normal asam urat pria yaitu 7 mg/dL.

Lebih dari angka tersebut, bisa dikatakan jika asam urat kita tergolong tinggi dan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Asam urat di kaki bisa menyebabkan penderitanya mengeluhkan nyeri yang luar biasa. Jika tidak diobati, kaki penderita bisa bengkak hingga kesulitan berjalan. Mengatasi asam urat di kaki bisa dengan mengompres bagian sendi yang sakit, konsumsi obat pereda nyeri, hingga kortikosteroid.

Disarikan dari Kompas.com, berikut cara menghilangkan gejala asam urat di kaki menurut Medical News Today dan Cleveland Clinic:

  • Memposisikan kaki lebih tinggi dari dada, misalnya dengan menggunakan tumpukan bantal atau meletakkan kaki di dinding kamar.
  • Perbanyak cairan dengan konsumsi air putih, kaldu, atau teh herbal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.
  • Minum air perasan lemon yang bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan menurunkan kadarnya.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen untuk meredakan sakit akibat serangan asam urat di kaki.
  • Minum obat asam urat yang diresepkan dokter seperti colchine dan kortikosteroid. Obat tersebut untuk mencegah komplikasi asam urat, seperti kekambuhan, pembentukan tophi atau benjolan asam urat, mencegah batu ginjal.

Perlu diingat, sebelum mencoba obat-obatan untuk mengobati asam urat di kaki, penderita perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah cara menghilangkan gejala asam urat di kaki. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×