Kesehatan Umum

Cara memutihkan ketiak hitam, bisa pakai bahan alami, lo

Rabu, 09 September 2020 | 08:11 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara memutihkan ketiak hitam, bisa pakai bahan alami, lo

ILUSTRASI. Cara memutihkan ketiak hitam bisa menggunakan bahan alami. Salah satunya timun. Foto: Dok Wikimedia.org

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang merasa kurang percaya diri karena ketiak yang berwarna hitam. Cara memutihkan ketiak hitam adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah penyebabnya teridentifikasi, Anda bisa mencerahkan kulit ketiak dengan bahan-bahan alami.

Mengutip Sozo Aesthetic Clinic, ada beberapa hal yang menyebabkan ketiak hitam, mulai dari obesitas, diabetes, hingga kebiasaan. Pada penderita obesitas, jumlah insulin yang tinggi menyebabkan produksi melanin (pigmen kulit) berlebihan.

Produksi melanin berlebih juga disebabkan karena ketidakseimbangan hormon akibat kelebihan berat badan. Selain itu, obesitas membuat gesekan pada tubuh semakin banyak, termasuk di ketiak sehingga menyebabkan warnanya menghitam.

Salah satu tanda yang terlihat dari penderita diabetes tipe 2 adalah munculnya pigmen di sejumlah area kulit. Biasanya, kulit yang menghitam terjadi di lipatan-lipatan tubuh, termasuk di ketiak. Kondisi tersebut bernama acanthosis nigricans.

Baca Juga: Kulit ketiak hitam? Ini bahan alami yang bisa mengobati kulit ketiak hitam

Cara memutihkan ketiak hitam bisa Anda lakukan dengan mengurangi kebiasaan yang sering Anda lakukan, lo. Sozo Aesthetic Clinic menyebutkan bahwa mencukur bulu ketiak bisa memicu produksi melanin yang menyebabkan ketiak hitam.

Gesekan antara alat cukur dan kulit ketiak menyebabkan kulit meradang sehingga ketiak semakin hitam. Tak hanya itu, penggunaan deodoran yang tak tepat, menggunakan baju yang terlalu ketat, dan sering mengonsumsi makanan tak sehat bisa menyebabkan ketiak hitam.

Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Kulit ketiak merupakan area kulit sensitif sehingga mudah iritasi dan menggelap. Setelah mengetahui penyebabnya, cara memutihkan ketiak hitam bisa menggunakan bahan-bahan alami.

  • Timun

Tak hanya mampu menghilangkan mata panda, cara memutihkan ketiak hitam juga bisa memanfaatkan timun. Timun mengandung bahan pemutih alami, vitamin, dan mineral yang bisa mencerahkan kulit ketiak.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda

Caranya, gosokkan beberapa iris timun pada ketiak selama satu hingga dua menit. Biarkan ekstrak timun terserap kulit ketiak selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air.

  • Kulit Jeruk

Sozo Aesthetic Clinic menyebutkan bahwa kulit jeruk juga mengandung pemutih alami yang bisa memutihkan kulit ketiak hitam. Anda bisa menggunakan bahan alami dengan susu dan air mawar agar kulit lembab dan halus.

Pertama, buat adonan pasta dengan mencampurkan bubuk kulit jeruk, susu (1 sdm), dan air mawar (1 sdm). Aplikasikan pasta pada ketiak selama 15 menit lalu bilas dengan air. Namun, cara memutihkan ketiak hitam ini tak boleh dilakukan terlalu sering karena asam jeruk bisa membuat kulit kering.

Baca Juga: Penyebab dan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

  • Kentang

Cara memutihkan ketiak hitam selanjutnya adalah menggunakn kentang. Kentang kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan malic acid, yang dapat mencerahkan kulit. Zat tepung dalam kentang juga mampu membuat kulit menjadi lebih lembut.

Sama seperti timun, gosokkan beberapa iris kentang pada ketiak. Lakukan cara memutihkan ketiak hitam ini selama 20 hingga 25 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan kentang untuk memutihkan ketiak sekali dalam sehari.

Selanjutnya: Penyebab jerawat di pipi dan cara mengobatinya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru