Kecantikan & Kebugaran

Cara membuat masker bengkoang untuk memutihkan wajah

Rabu, 04 November 2020 | 10:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membuat masker bengkoang untuk memutihkan wajah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda ingin memutihkan wajah? Jika iya, masker bengkoang adalah jawabannya. Bahan alami ini tak kalah efektif jika dibandingkan dengan krim atau produk pemutih wajah lainnya. Anda juga tak perlu khawatir karena bahan alami ini tak menimbulkan efek samping dan mudah untuk dibuat.

Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam bengkoang. Mengutip dari Organic Beauty Award (organicbeautyaward.com), beberapa kandungan nutrisi yang dimaksud adalah protein, asam lemak, asam amino, serat, dan vitamin C.

Vitamin C dalam bengkoang berperan sebagai pencerah kulit alami. Kandungan tersebut mampu mengurangi produksi melanin. Artinya kulit menjadi lebih putih. Tak hanya itu, vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan sehingga mampu melawan infeksi penyakit.

Mencegah Penuaan Dini

Selain mencerahkan secara alami, masker bengkoang juga berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang merusak sel kulit. Selain itu, produksi kolagen dan elastin juga meningkat sehingga kulit menjadi lebih elastis dan lembut.

Baca Juga: Manfaat masker pepaya beserta cara membuatnya

Mengobati Jerawat dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Masker bengkoang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah jerawat dan bekasnya. Organic Beauty Award mengatakan bahwa masalah tersebut bisa diatasi dengan masker bengkoang karena adanya kandungan vitamin E.

Vitamin E bertugas untuk meredakan peradangan dan merawat kulit agar tetap awet muda. Hal itu bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat. Banyaknya air yang terkandung dalam bengkoang juga berguna untuk menetralkan komponen kulit yang terkena jerawat. Jadi, bekasnya bisa hilang dengan cepat.

Pelembab Kulit

Bengkoang juga bisa Anda manfaatkan untuk melembabkan kulit sehingga cocok dipakai oleh pemilik tipe kulit kering. Kandungan air memudahkan bengkoang untuk mengatur suhu kulit, apalagi jika Anda banyak terpapar sinar UV dari matahari.

Baca Juga: 4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Cara Membuat Masker Bengkoang

Anda bisa mengolah bengkoang menjadi masker dengan cara yang mudah. Pertama, siapkan bengkoang berukuran sedang lalu kupas kulitnya. Setelah dibersihkan, parut bengkoang. Gunakan hasil parutan itu sebagai masker.

Oleskan masker pada wajah yang terlah dibersihkan kemudian diamkan dulu selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Supaya kulit putih sesuai dengan keinginan, gunakan masker dari bengkoang secara rutin.

Selanjutnya: Cara membuat masker oatmeal yang mudah dilakukan

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru