Kesehatan Umum

Cara membuat antiseptik alami, bahannya mudah didapat

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 06:10 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat antiseptik alami, bahannya mudah didapat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PRATAYANG SABTU. Menjaga kebersihan di tengah pandemi Virus Corona adalah hal yang wajib dilakukan. Anda bisa membersihkan lingkungan sekitar dengan memakai antiseptik alami. Cara membuat antiseptik alami sangat mudah. Mungkin Anda sudah memiliki bahan-bahanya di rumah.

Selain bisa membersihkan lingkungan di sekitar Anda dari virus, bakteri, dan jenis kuman lainnya, cara membuat antiseptik alami juga cukup hemat dan tentunya aman untuk anak-anak. Mengutip dari Real Simple (realsimple.com), ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga: Ampuh! Inilah 3 obat herbal untuk radang sendi

  • Cuka Putih

Cara membuat antiseptik alami yang pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih terbuat dari campuran asam asetat dan air. Pada 1994, penelitian dalam Journal of Enviromental Health menyebutkan bahwa tingginya kandungan asam dalam cuka putih bisa membunuh kuman di permukaan benda, meski masih kalah dari antiseptik komersil pada umumnya. Antiseptik dari cuka putih cocok digunakan bagi Anda yang ingin membersihkan lingkungan sekitar dengan bahan yang lebih aman.

  • Lemon

Asam sitrat dalam lemon dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan noda-noda alkalis. Cara membuat antiseptik alami dari lemon juga bisa berfungsi untuk mengurangi bakteri di permukaan. Meski tidak lebih efektif dari menggunakan cuka putih, tapi antiseptik dari lemon memiliki aroma yang segar sehingga bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 4 alasan kenapa iritasi pada selangkangan bisa terjadi

  • Essential Oil

Real Simple menyebutkan bahwa cara membuat antiseptik alami juga bisa memakai essential oil. Memiliki aroma yang wangi, essential oil memiliki banyak fungsi, termasuk membunuh bakteri dan jamur. Saat dicampurkan pada sabun dan air, essential oil bisa meningkatkan kemampuan campuran tersebut untuk membersihkan permukaan benda.

Ada banyak jenis essential oil yang bisa dipakai untuk membersihkan kuman, seperti tea tree oil, jeruk, citronella, lemongrass, dan lain sebagainya. Real Simple menyebutkan bahwa akhir-akhir ini, para peneliti sedang menganalisis kemampuan essential oil untuk membunuh bakteri dan kemampuannya sebagai antibakteri.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru