kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Alami Mencegah Kantuk Tanpa Minum Kopi


Senin, 10 Juli 2023 / 12:10 WIB
Cara Alami Mencegah Kantuk Tanpa Minum Kopi


Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

MENCEGAH KANTUK - Kebanyakan orang minum kopi saat merasa ngantuk. Ini 10 cara alami mencegah kantuk datang tanpa minum kopi. 

Tidak hanya minum kopi, rasa kantuk dapat dicegah dengan konsumsi salad sayur, rutin berolahraga, hingga meluangkan waktu untuk tidur siang. 

Baca Juga: Selain Makanan, Ini 11 Hal yang Bisa Memicu Gula Darah Tinggi

Seperti yang kita ketahui, sebagian orang mengandalkan secangkir kopi untuk mengatasi atau mencegah rasa kantuk. 

Hal itu karena minuman ini mengandung kafein yang dapat merangsang kerja dan aktivitas sistem saraf manusia. 

Namun, kafein dalam kopi lama-kelamaan dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia hingga memicu kecemasan berlebih. 

Selain itu, kopi yang sering disertai pemanis atau krimer juga bisa memicu lonjakan gula darah. 

Lantas, apakah ada cara lain untuk mencegah kantuk selain minum kopi? Simak penjelasan berikut. 

Cara mencegah kantuk 

Kantuk atau ngantuk adalah kondisi wajar yang dialami seseorang ketika merasa ingin tidur. 

Rasa kantuk biasanya akan hilang setelah kita memejamkan mata dan tertidur. Namun, dalam beberapa situasi, kita mungkin perlu mengusir rasa kantuk tersebut. 

Berikut beberapa tips mencegah kantuk tanpa minum kopi yang perlu Anda ketahui. 

1. Makan salad sayur 

Sayuran seperti bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin B. Diketahui, vitamin B dalam membantu perkembangan sel sehingga Anda lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas. 

2. Konsumsi makanan tinggi protein 

Selain sayuran, makanan tinggi protein seperti dada ayam atau ikan laut juga dapat membantu tubuh lebih fit, sehingga tidak mudah mengantuk. 

3. Minum banyak air 

Lelah dan kantuk sering disertai dengan rasa haus, karena itu cobalah cukupi cairan Anda dengan perbanyak air putih. 

4. Berjemur di pagi hari 

Hal ini cocok dilakukan untuk seseorang yang sering merasa mengantuk pada pagi hari. 

Dikutip dari WebMD, sinar matahari dapat membantu mengatur siklus tidur dan bangun anda dan mengatasi insomnia. 

Cobalah meluangkan waktu selama 10-30 menit untuk berjemur agar terhindar dari rasa kantuk tanpa menyeruput secangkir kopi. 

Usahakan untuk memakan tabir surya, kacamata, dan topi untuk mencegah paparan sinar UV yang berlebihan. 

5. Olahraga rutin 

Seseorang yang mudah mengantuk disarankan untuk melakukan olahraga rutin dan konsisten. 

Pasalnya, olahraga dapat mendorong pelepasan endorfin, sehingga Anda merasa lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dna terhindar dari kantuk. 

6. Menyusun jadwal aktivitas sehari-hari 

Rasa kantuk yang sering muncul secara tiba-tiba, dapat menjadi pertanda bahwa Anda tidak mengatur waktu dengan tepat. 

Sebagai contoh, Anda sibuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah sehingga perlu begadang dan memiliki waktu tidur yang singkat. 

Alhasil, Anda akan sangat mengantuk pada siang hari dan merasa membutuhkan asupan kopi. 

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat menyusun jadwal aktivitas sehari-hari dan mengikuti agenda tersebut. Dengan demikian, tubuh pun tahu kapan waktunya tidur dan kapan harus terjaga tanpa perlu mengonsumsi kopi agar tetap terjaga. 

7. Gunakan aroma terapi 

Meletakkan aromaterapi di ruang kerja dapat meningkatkan kemampuan indera penglihatan sekaligus membuat Anda lebih fokus. 

Contoh aromaterapi yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah kantuk yaitu eucalyptus, lemon, atau peppermint. 

8. Jauhi layar komputer atau hp 

Rasa kantuk mungkin merupakan tanda bahwa mata Anda perlu beristirahat dari layar komputer, laptop, atau hp. 

Jadi, alih-alih langsung menyeduh kopi ketika rasa kantuk tiba, cobalah untuk mengalihkan pandangan sejenak dari layar komputer atau ponsel Anda. 

9. Tidur siang 

Rasa kantuk yang luar biasa pada sore atau malam hari ternyata bisa dicegah dengan tidur siang. 

Tak perlu lama-lama, Anda cukup meluangkan 15-30 menit untuk memejamkan mata. 

Tidur siang juga bisa memperbaiki suasana hati atau meningkatkan mood, sehingga Anda lebih bersemangat dalam melanjutkan aktivitas. 

10. Mengunyah permen karet 

Cara mencegah kantuk yang terakhir ialah mengunyah permen karet. 

Permen karet yang kita kunyah dapat membuat Anda tetap terjaga dan fokus, sehingga meningkatkan produktivitas saat bekerja. 

Namun, jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur agar sisa-sisa pemanis dari permen karet tidak menyebabkan plak di gigi. 

Setelah mengetahui cara mencegah kantuk tanpa minum kopi, kita dapat menerapkannya agar bisa lebih produktif. 

Jika Anda masih kerap merasa kantuk setelah melakukan tips di atas, cobalah berkonsultasi dengan dokter. 

Sering mengantuk bisa saja menjadi tanda masalah kesehatan seperti narkolepsi, sleep apnea, hipotiroidisme, hingga depresi, yang perlu mendapat penanganan tepat secara medis.

Baca Juga: 5 Teh Herbal yang Efektif Mengobati Sembelit, Salah Satunya Teh Jahe

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Cara Mencegah Kantuk Tanpa Minum Kopi yang Bisa Anda Jajal", 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×