kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ternyata Bayam Bukan Kangkung, 5 Sayuran Ini Bisa Bikin Asam Urat Kumat


Selasa, 18 Juli 2023 / 07:06 WIB
Ternyata Bayam Bukan Kangkung, 5 Sayuran Ini Bisa Bikin Asam Urat Kumat
ILUSTRASI. Agar asam urat tidak kumat, penderita asam urat harus lebih selektif dalam memilih makanan. Termasuk sayuran.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam urat menyerang, penderitanya merasakan kesakitan yang sangat mengganggu. Itu sebabnya, agar asam urat tidak kumat, penderita asam urat harus lebih selektif dalam memilih makanan. Termasuk sayuran. 

Meski dikatakan sebagai makanan sehat, namun beberapa jenis sayuran ada yang mengandung purin tinggi. Orang yang memiliki asam urat tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. 

Sayuran penyebab asam urat naik 

Asam urat merupakan penyakit yang sering dikeluhkan masyarakat di usia 30 tahun ke atas. Penyakit ini ditandai dengan adanya penumpukkan asam urat yang kemudian mengkristal di area persendian. 

Ketika kadarnya naik, dampaknya bisa menyebabkan nyeri, perasaan tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asam urat, sebagaimana dikatakan Stacey Phillips, ahli diet bersertifikat sekaligus penulis "Journal of Renal Nutrition" seperti dikutip Livestrong

Baca Juga: Jamur Kancing Putih Bisa Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes?

1. Jamur 

Jenis sayuran yang rendah kalori ini menawarkan nutrisi seperti riboflavin, niasin dan zinc. Tetapi, jamur mengandung purin yang tinggi. Pasien asam urat disarankan makan jamur tidak lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu. 

Baca Juga: 8 Jenis Makanan yang Aman dan Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat

2. Bayam 

Dikenal sebagai sayuran sehat, bayam rupanya juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan bagi penderita asam urat. Bayam diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak. 




TERBARU

[X]
×