kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa untuk Diet, Ini 7 Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan


Rabu, 05 Juli 2023 / 18:41 WIB
Bisa untuk Diet, Ini 7 Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kentang rebus menjadi salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Nah, ternyata ada beragam manfaat kentang rebus untuk kesehatan yang sebaiknya jangan dilewatkan. 

Salah satu manfaat kentang rebus untuk diet adalah membuat perut merasa kenyang lebih lama. Apalagi jika kentang rebus dikonsumsi tanpa dikupas maka serat tersebut akan lebih lama diolah oleh tubuh. 

Sehingga, kentang rebus adalah makanan favorit untuk menurunkan berat badan. Selain itu, apa saja manfaat kentang rebus untuk kesehatan? 

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Kentang Rebus? Ini Perbandingannya dengan Nasi Putih

Manfaat kentang rebus untuk kesehatan 

Sementara itu, dirangkum dari laman Gramedia, sejumlah manfaat kentang rebus untuk kesehatan antara lain: 

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Manfaat kentang rebus yang pertama adalah untuk melindungi kesehatan jantung kita. Kentang mengandung senyawa karotenoid yang bermanfaat sebagai anti peradangan terutama untuk mencegah adanya penyumbatan dinding pada arteri jantung.

Artinya, kentang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Terlebih lagi, dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam mengurangi radikal bebas terutama pada sel jantung.

Baca Juga: Simak Informasi Terkiat Bahaya Konsumsi Gorengan Tepung Berlebihan

2. Manfaat kentang rebus untuk kesehatan pencernaan 

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia. Keberadaan pati resisten pada sebutir kentang itu tidak hanya dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah saja, tetapi juga berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Ketika kentang sudah masuk ke usus, nantinya pati resisten ini akan “dimakan” oleh bakteri baik, kemudian mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Perlu diketahui bahwa asam lemak rantai pendek ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengurangi risiko terjadinya kanker dan peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan pada usus besar, membantu pemulihan infeksi usus, dan lainnya.

Baca Juga: Daftar Kalori Makanan Sehari-Hari, Cek Olahraga Membakar Kalori Lebih Cepat

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kentang rebus bisa membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Jumlah kalium yang terdapat pada sebutir kentang ternyata lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang. 

Itulah alasan kentang disebut-sebut dapat membantu menstabilkan bahkan hingga menurunkan tekanan darah. Kalium yang merupakan mineral ini sangat berperan besar untuk menurunkan tekanan darah. 

Hal itu karena kalium ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah supaya ukurannya lebih lebar. Tidak hanya itu saja, kentang juga mengandung adanya magnesium dan kalsium yang tentunya berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah supaya tetap normal.

Baca Juga: Rekomendasi Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Jarang Orang Ketahui

4. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Kentang juga bisa membantu meningkatkan fungsi saraf dan otak karena mengandung vitamin B6. Fungsi vitamin B6 itu sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf (neuron) dan otak manusia.

Berdasarkan studi oleh University of Maryland Medical Center yang menyatakan bahwa keberadaan vitamin B6 pada kentang itu diklaim mampu menciptakan bahan kimia otak. 

Bahan kimia otak dapat berupa dopamin (mempengaruhi emosi, kesenangan, rasa sakit, dan konsentrasi), serotonin (memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik), dan norepinefrin (untuk tekanan darah rendah).

Baca Juga: Tanda-Tanda Kurang Darah Atau Darah Rendah Pada Anak, Cek Makanan Penambah Darah

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah untuk menurunkan adanya risiko penyakit kronis pada tubuh.

Kentang memiliiki beragam kandungan senyawa flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan pada tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya radikal bebas yang dinilai dapat merusak sel tubuh. 

Radikal bebas ini jika dibiarkan menumpuk secara terus-menerus, dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan jantung.

Baca Juga: Inilah Bahaya Konsumsi Gorengan Tepung Berlebihan, 6 Penyakit Mengancam

6. Kenyang lebih lama

Manfaat kentang rebus juga bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi.

Apalagi jika kentang rebus dikonsumsi tanpa dikupas maka serat tersebut akan lebih lama diolah oleh tubuh, sehingga perut akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca Juga: Resep Iga Gulai Kambing, Anti Bau Prengus ala Chef Yongki Gunawan

7. Membantu masalah tidur

Manfaat kentang rebus juga membantu mengatasi masalah tidur. Sebutir kentang itu mengandung senyawa alami tryptophan yang dipercaya dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak. 

Ditambah lagi, adanya kalium yang berupa mineral pada kentang juga bersifat menenangkan bagi otot, sehingga tidur akan lebih berkualitas.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kentang rebus untuk kesehatan dan diet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×