kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,35   -8,58   -0.87%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Jumlah Kalori Kentang Rebus? Ini Perbandingannya dengan Nasi Putih


Rabu, 05 Juli 2023 / 12:35 WIB
Berapa Jumlah Kalori Kentang Rebus? Ini Perbandingannya dengan Nasi Putih
ILUSTRASI. Jumlah kalori kentang rebus lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori nasi putih dalam berat yang sama yakni 100 gram.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kalori kentang rebus yang dikenal lebih rendah dibandingkan nasi putih menjadikannya menu favorit bagi masyarakat yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, ada banyak kandungan nutrisi kentang rebus yang bermanfaat untuk kesehatan. Kentang mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan potasium. 

Kentang biasanya diolah dengan cara direbus, dipanggang atau digoreng. Nah, manfaat kentang untuk kesehatan juga tergantung pada cara pengolahannya. 

Tentunya, manfaat kentang rebus untuk kesehatan lebih banyak dibandingkan kentang goreng. Lantas, berapa jumlah kalori kentang rebus? 

Baca Juga: Tabel Berat Badan Ideal Pria Menurut Kemenkes dan Makanan Penyebab Perut Buncit

Jumlah kalori kentang rebus 

Kentang yang direbus dengan kulitnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti potasium dan vitamin C. Selain itu, kentang juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat dalam jumlah sedang namun hampir tidak mengandung lemak. 

Dirangkum dari Healthline, berikut adalah jumlah kalori kentang rebus sebanyak 100 gram:

  • Kalori: 87 kalori
  • Air: 77%
  • Protein: 1,9 gram
  • Karbohidrat: 20,1 gram
  • Gula: 0,9 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Lemak: 0,1 gram

Baca Juga: Termasuk Penyakit Kronis, 9 Makanan & Minuman Ini Terlarang Bagi Pasien Diabetes

Kentang kandungan utamanya adalah karbohidrat, terutama dalam bentuk pati. Kandungan karbohidrat kentang berkisar antara 60–80% dari berat kering.

Selain itu, kentang biasanya memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk penderita diabetes.

GI mengukur bagaimana makanan memengaruhi kenaikan gula darah Anda setelah makan. Mendinginkan kentang setelah dimasak dapat mengurangi pengaruhnya terhadap gula darah dan menurunkan GI sebesar 25–26%. 

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Terlarang Dilakukan Penderita Asam Lambung atau GERD, Catat!

Jumlah kalori nasi putih 

Nah, jumlah kalori kentang rebus memang lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori nasi putih dalam berat yang sama yakni 100 gram. 

Kalori nasi putih sebanyak 100 gram mencapai 129 kalori. Sedangkan kalori kentang rebus dengan berat yang sama hanya mencapai 87 kalori. 

Dirangkum dari laman Fat Secret, berikut adalah jumlah kalori nasi putih: 

  • Kalori: 129
  • Lemak: 0,28g
  • Karbohidrat: 27,9 gram 
  • Protein: 2,66 gram

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Sehari-hari

Manfaat kentang rebus untuk kesehatan 

Sementara itu, dirangkum dari laman Gramedia, sejumlah manfaat kentang rebus untuk kesehatan antara lain: 

1. Melindungi kesehatan jantung

Manfaat kentang rebus yang pertama adalah untuk melindungi kesehatan jantung. Kentang mengandung senyawa karotenoid yang bermanfaat sebagai anti peradangan terutama untuk mencegah adanya penyumbatan dinding pada arteri jantung.

Artinya, kentang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Terlebih lagi, dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam mengurangi radikal bebas terutama pada sel jantung.

Baca Juga: Peringatan Bagi Penderita Diabetes, 9 Makanan & Minuman Ini Jangan Dikonsumsi

2. Manfaat kentang rebus untuk kesehatan pencernaan 

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia. Keberadaan pati resisten pada sebutir kentang itu tidak hanya dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah saja, tetapi juga berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Ketika kentang sudah masuk ke usus, nantinya pati resisten ini akan “dimakan” oleh bakteri baik, kemudian mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Perlu diketahui bahwa asam lemak rantai pendek ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengurangi risiko terjadinya kanker dan peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan pada usus besar, membantu pemulihan infeksi usus, dan lainnya.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi Saat Diet

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kentang rebus bisa membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Jumlah kalium yang terdapat pada sebutir kentang ternyata lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang. 

Itulah alasan kentang disebut-sebut dapat membantu menstabilkan bahkan hingga menurunkan tekanan darah. Kalium yang merupakan mineral ini sangat berperan besar untuk menurunkan tekanan darah. 

Hal itu karena kalium ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah supaya ukurannya lebih lebar. Tidak hanya itu saja, kentang juga mengandung adanya magnesium dan kalsium yang tentunya berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah supaya tetap normal.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi Saat Diet

4. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Kentang juga bisa membantu meningkatkan fungsi saraf dan otak karena mengandung vitamin B6. Fungsi vitamin B6 itu sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf (neuron) dan otak manusia.

Berdasarkan studi oleh University of Maryland Medical Center yang menyatakan bahwa keberadaan vitamin B6 pada kentang itu diklaim mampu menciptakan bahan kimia otak. 

Bahan kimia otak dapat berupa dopamin (mempengaruhi emosi, kesenangan, rasa sakit, dan konsentrasi), serotonin (memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik), dan norepinefrin (untuk tekanan darah rendah).

Baca Juga: 6 Bahaya Konsumsi Gorengan Tepung Berlebihan, Salah Satunya Obesitas

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah untuk menurunkan adanya risiko penyakit kronis pada tubuh.

Kentang memiliiki beragam kandungan senyawa flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan pada tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya radikal bebas yang dinilai dapat merusak sel tubuh. 

Radikal bebas ini jika dibiarkan menumpuk secara terus-menerus, dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan jantung.

Baca Juga: Cara Menurunkan Hiperurisemia atau Asam Urat Tinggi Tanpa Obat-obatan

6. Kenyang lebih lama

Manfaat kentang rebus juga bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi.

Apalagi jika kentang rebus dikonsumsi tanpa dikupas maka serat tersebut akan lebih lama diolah oleh tubuh, sehingga perut akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca Juga: 6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Penyakit Jantung

7. Membantu masalah tidur

Manfaat kentang rebus juga membantu mengatasi masalah tidur. Sebutir kentang itu mengandung senyawa alami tryptophan yang dipercaya dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak. 

Ditambah lagi, adanya kalium yang berupa mineral pada kentang juga bersifat menenangkan bagi otot, sehingga tidur akan lebih berkualitas.

Demikian penjelasan mengenai jumlah kalori kentang rebus dan manfaat kentang rebus untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×