Kesehatan Umum

Bisa menurunkan berat badan, inilah 4 manfaat rumput laut untuk kesehatan

Selasa, 08 Desember 2020 | 07:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa menurunkan berat badan, inilah 4 manfaat rumput laut untuk kesehatan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat rumput laut dengan mengonsumsinya secara rutin. Foto dok.IG @seagrapebali

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rumput laut adalah sejenis alga yang tumbuh di laut. Biasanya, rumput laut berwarna hijau, merah, dan cokelat. Ada banyak jenis hidangan yang bisa dibuat menggunakan rumput laut, seperti sup, salad, hingga smoothie. Berikut ini manfaat rumput laut jika Anda mengonsumsinya secara rutin.

Membantu Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi vital karena memproduksi hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan, energi, reproduksi, dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Fungsi tersebut dapat berjalan secara normal jika tubuh Anda memiliki iodine yang cukup. Jika tidak Anda akan mengalami beberapa gejala, seperti perubahan berat badan, kelelahan, dan pembengkakan di bagian leher.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa gejala-gejala itu bisa Anda hindari dengan mengonsumsi rumput laut. Selain mengandung iodine, rumput laut juga mengandung tyrosine yang mampu mengoptimalkan kelenjar tiroid.

Baca Juga: 4 Manfaat jeruk nipis untuk wajah, kecilkan pori-pori dan bersihkan sel kulit mati

Mengandung Antioksidan

Radikal bebas terbentuk saat Anda menggunakan nutrisi dan energi tubuh. Jika jumlahnya terlalu banyak, radikal bebas bisa merusak sel tubuh sehingga mengganggu kesehatan. Untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan, Anda dapat mengonsumsi rumput laut.

Manfaat rumput laut itu berasal dari kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin E, flavonoid, dan karotenoid. Kandungan-kandungan tersebut mampu menguatkan tubuh untuk melawan radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Bakteri yang berada dalam usus berperan penting dalam sistem pencernaan Anda. Hal itu bisa terus dijaga dengan mengonsumsi rumput laut karena sumber makanan itu mengandung serat. Healthline mengatakan bahwa rumput laut mengandung 25% hingga 75% serat.

Serat dalam rumput laut bermanfaat sebagai sumber makanan bakteri usus. Tak hanya itu, kandungan gula dalam rumput laut berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara mengobati mata bengkak

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat rumput laut adalah menurunkan berat badan.

Apakah Anda sedang menjalankan program diet? Jika iya, memasukkan rumput laut dalam menu diet sehat sehari-hari bisa dijadikan opsi. Rumput laut mengandung banyak serat dan memiliki sedikit kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan lain dalam rumput laut, bernama fucoxanthin, berfungsi untuk mengurangi jumlah lemak tubuh dan gula darah. Meski demikian, hal itu baru diuji pada binatang percobaan. Penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan hal tersebut.

Selanjutnya: Tips menurunkan berat badan? Coba 4 pengganti nasi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru