kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat jeruk nipis untuk wajah, kecilkan pori-pori dan bersihkan sel kulit mati


Selasa, 08 Desember 2020 / 06:44 WIB
4 Manfaat jeruk nipis untuk wajah, kecilkan pori-pori dan bersihkan sel kulit mati
ILUSTRASI. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah mengecilkan pori-pori kulit.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman, jeruk nipis juga bisa dipakai untuk merawat kulit. Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk wajah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Mengurangi Bakteri

Melansir Live Strong (livestrong.com), menggunakan jeruk nipis bisa mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan jerawat. Saat pori-pori tersumbat oleh sebum atau jenis kotoran lain, bakteri akan bergabung hingga menyebabkan kulit Anda berjerawat.

Dengan membersihkan wajah memakai jeruk nipis secara rutin, masalah kulit tersebut bisa Anda hindari. Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan antibakteri yang ada dalam jeruk nipis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri E. Coli dan Staphylococcus aureus berkurang karena jeruk nipis.

Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit karena adanya sifat astringen. Astringen tak hanya mengecilkan pori-pori, tapi juga bisa mengurangi produksi minyak wajah.

Baca Juga: Manis dan renyah, ini manfaat konsumsi buah kesemek untuk kesehatan

Artinya, jeruk nipis cocok dipakai bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Dengan menggunakan bahan alami itu secara langsung atau memakai produk perawatan berbahan dasar jeruk nipis, kondisi kulit Anda akan semakin baik.

Membersihkan Sel Kulit Mati

Live Strong mengatakan bahwa jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sel kulit mati. Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak asam sitrat. Kandungan itu mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit Anda akan terlihat lebih bersih dan cerah.

Selain mencerahkan wajah, sel kulit mati yang tak lagi menumpuk bisa menghindarkan Anda dari berbagai macam masalah kulit. Misalnya, komedo hitam, komedo putih, hingga jerawat. Dengan begitu, kulit Anda menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 6 Jus yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Melawan Radikal Bebas

Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah melawan radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

Radikal bebas muncul akibat penggunaan nutrisi dalam kegiatan sehari-hari. Jika dibiarkan dan jumlahnya terus bertambah, radikal bebas bisa mengganggu kesehatan, salah satunya adalah mengganggu kesehatan sel.

Degradasi sel mengakibatkan jaringan tubuh mengalami kerusakan dan munculnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memanfaatkan jeruk nipis karena buah itu mengandung banyak vitamin C dan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan.

Selanjutnya: 5 Khasiat jeruk nipis ini berguna untuk kesehatan tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×