kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Khasiat jeruk nipis ini berguna untuk kesehatan tubuh Anda


Selasa, 24 November 2020 / 07:48 WIB
5 Khasiat jeruk nipis ini berguna untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. Ada banyak khasiat jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya terasa lezat, jeruk nipis juga mengandung banyak manfaat, lo. Dalam sebuah jeruk nipis, Anda bisa mendapat banyak vitamin C, serat, kalsium, dan lain sebagainya. Berikut ini khasiat jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan.

Mengontrol Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin bisa dijadikan pilihan. Mengutip dari Twigs Cafe (twigscafe.com), hal itu berasal dari adanya serat dalam jeruk nipis sehingga mengontrol penyerapan gula darah dalam aliran darah.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung indeks glikemik yang rendah. Artinya, lonjakan jumlah glukosa dalam tubuh bisa dihindari. Usahakan untuk mengonsumsi bahan alami itu secara rutin agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain cocok dikonsumsi penderita diabetes, khasiat jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Serat yang bertuga untuk mengontrol gula darah mampu menurunkan tekanan darah seseorang dan mengurangi jumlah kolesterol jahat.

Baca Juga: Segar dan asam, mana yang lebih sehat jeruk lemon atau jeruk nipis?

Jenis serat dalam jeruk nipis mampu mengurangi inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah. Dengan begitu, resiko stroke dan serangan jantung bisa berkurang sehingga kondisi kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

Meremajakan Kulit

Salah satu khasiat jeruk nipis adalah meremajakan kulit.

Selain dikonsumsi, jeruk nipis juga bisa Anda gunakan secara langsung di kulit. Antioksidan, antibiotik, dan disinfektan dalam jeruk nipis berguna untuk meremajakan kulit dan mencegah terjadinya infeksi. 

Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung banyak vitamin C dan flavonoid sehingga bisa mengurangi bau badan yang tak sedap. Twigs Cafe manambahkan bahwa jeruk nipis juga mampu membersihkan sel kulit mati, menghilangkan ketombe, ruam, dan memar.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika iya, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin bisa dijadikan pilihan. Zat asam dalam jeruk nipis berguna untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campurkan air perasan jeruk nipis ke segelas air hangat. Minum air campuran itu sebanyak dua kali dalam sehari. Berat badan Anda bisa turun lebih cepat jika Anda rutin melakukan olahraga dan mengatur menu makan yang tepat.

Mengatasi Sembelit

Selain manfaat-manfaat di atas, khasiat jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi sembelit yang sedang Anda alami. Zat asam berguna untuk membersihkan sistem pencernaan sehingga sembelit pun berkurang.

Selanjutnya: Masker jeruk nipis terbaik untuk kulit mudah berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×