kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips menurunkan berat badan? Coba 4 pengganti nasi


Selasa, 08 Desember 2020 / 04:15 WIB
Tips menurunkan berat badan? Coba 4 pengganti nasi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok yang berguna sebagai sumber energi manusia. Namun, dalam beberapa kasus, seseorang perlu mengganti nasi dengan sumber makanan lain. Entah untuk diet atau kondisi kesehatan lain. Berikut ini pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi.

Quinoa

Quinoa atau biji gandum memiliki protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi biasa. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa dalam 92 g quinoa, Anda bisa mendapat 4 g protein. Quinoa juga mengandung sembilan jenis asam amino. Jadi, sangat cocok dikonsumsi bagi vegan.

Selain mengandung lebih banyak protein, quinoa juga mengandung nutrisi dan mineral lain. Artinya, kesehatan tulang dan metabolisme tubuh bisa terjaga. Jika Anda sensitif terhadap gluten, pastikan untuk memilih quinoa dengan label “gluten free”.

Shirataki Rice

Pengganti nasi lain yang bisa Anda konsumsi adalah shirataki rice. Sumber makanan ini mengandung karbo dan kalori yang lebih sedikit. Dalam shirataki rice, Anda akan menemukan jenis serat unik yang bernama glukomanan.

Baca Juga: Jangan dibuang! Ini manfaat air cucian beras untuk kesehatan

Glukomanan berpotensi menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah memberi perlindungan lebih di sepanjang usus. Tak hanya itu, Anda tak akan mendapat kalori apa pun dalam 85 g shirataki rice. Jadi, jenis makanan itu cocok dikonsumsi saat Anda berusaha menurunkan berat badan.

Barley

Barley merupakan sumber makanan yang berbentuk mirip gandum atau oatmeal. Dalam 81 g barley, Anda bisa mendapat 100 kalori dan lebih banyak protein dan serat. Barley juga mengandung nutrisi lain, seperti zinc, niacin, dan selenium.

Baca Juga: 13 makanan yang mudah didapatkan untuk bantu penderita diabetes turunkan gula darah

Kubis Cincang

Healthline mengatakan bahwa kubis cincang bisa jadi pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi. Kubis mengandung kalori dan karbo yang lebih sedikit. Selain itu, kebutuhan 31% vitamin C dan 68% vitamin K harian Anda bisa terpenuhi dengan mengonsumsi 75 g kubis cincang.

Vitamin K bertugas untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga mampu mencegah penggumpalan darah. Tak hanya itu, vitamin K juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Hal yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Cincang kubis, lalu masak dalam sedikit minyak zaitun dengan api sedang sampai kubis sedikit melunak.

Selanjutnya: Anda penderita diabetes? Ini 11 makanan yang harus dihindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×