Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara mengobati mata bengkak

Selasa, 08 Desember 2020 | 06:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara mengobati mata bengkak

ILUSTRASI. Timun bisa jadi cara mengobati mata bengkak. KONTAN/Muradi/2013/07/09

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah menangis. Meski kondisi tersebut tak mengganggu kondisi kesehatan Anda, tapi kemunculannya dapat mengganggu penampilan. Cara mengobati mata bengkak berikut ini patut Anda coba untuk menghindari masalah itu.

Kompres Dingin

Mata bengkak atau peradangan di sekitar mata mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar. Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak pilihan kompres dingin yang bisa Anda pakai, misalnya sendok, sayur, atau es batu yang baru dikeluarkan dari kulkas.

Selain itu, banyak pula masker mata yang dijual di pasaran dan bisa langsung Anda pakai. Setelah memilih kompres dingin mana yang ingin Anda gunakan, tempelkan kompres tersebut pada mata selama lima hingga 10 menit.

Timun

Cara mengobati mata bengkak juga bisa Anda lakukan dengan bahan alami, seperti timun. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa timun mengandung banyak air sehingga bisa menghidrasi area di sekitar mata.

Baca Juga: 5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

Selain mengurangi peradangan di sekitar mata, timun juga mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan vitamin K. Artinya, mata panda yang Anda miliki bisa berkurang. Anda bisa menggunakan timun yang telah diiris untuk menutup mata selama beberapa menit.

Kantung Teh

Selain kompres dingin atau timun, Anda juga bisa mengurangi pembengkakan mata dengan memakai kantung teh. Dua kandungan utama yang berguna untuk mengatasi masalah di bagian mata adalah kafein dan tannin.

Tannin berfungsi sebagai astringen yang bisa mengerutkan jaringan tubuh. Sedangkan kafein bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata. Caranya, rebus kantung teh lalu masukkan ke kulkas. Setelah dingin, pakai kantung teh untuk menutup mata selama beberapa menit.

Baca Juga: Cara mengobati mata merah biar kondisinya tak semakin parah

Eye Cream

Cara mengobati mata bengkak selanjutnya yang direkomendasikan oleh Medical News Today adalah dengan memakai eye cream. Anda perlu memilih eye cream yang mengandung vitamin C, hyaluronic acid, retinol, dan phenylephrine.

Selain itu, Anda juga bisa memilih eye cream yang mengandung karbohidrat kompleks dan ekstrak bahan alami supaya mata bengkak bisa berkurang lebih cepat. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memilih eye cream, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kulit.

Selanjutnya: Manfaat es batu untuk wajah berikut patut Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru