Bisa jadi pilihan, coba 4 masker untuk jerawat ini, yuk

Senin, 13 September 2021 | 08:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi pilihan, coba 4 masker untuk jerawat ini, yuk

ILUSTRASI. Mentimun, oatmeal, dan bahan alami lainnya dapat Anda olah menjadi masker untuk jerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, ada beragam pilihan masker untuk jerawat yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk sesekali memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Selain memiliki banyak nutrisi, bahan alami juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

Sebelum mengenal bahan apa saja yang bisa Anda jadikan obat jerawat, Anda perlu mengetahui dulu bagaimana jerawat terbentuk. Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat. Entah karena sebum, sel kulit mati, atau jenis kotoran yang lain.

Biasanya, jerawat berwarna merah dan terasa sakit. Usahakan untuk tidak memencetnya supaya jerawat tak bertambah parah dan tidak meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah mengaplikasikan beberapa jenis bahan alami.

Cobalah untuk melakukan uji coba dulu sebelum rutin menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini. Segera hentikan pemakaian apabila kulit iritasi atau muncul reaksi alergi yang lain.

Baca Juga: 9 Bahan yang bisa jadi cara menghilangkan komedo hitam

Timun dan Oatmeal

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), timun merupakan salah satu bahan alami yang efektif meredakan inflamasi. Terlebih inflamasi yang muncul karena jerawat. Manfaat itu berasal dari efek dingin yang dimiliki timun.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur satu timun kecil dan 1 sdm oatmeal. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, campur 1 sdt masker tersebut dengan 1 sdt yogurt lalu aduk lagi. Aplikasikan campuran itu pada kulit selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Madu

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan masker untuk jerawat adalah madu. Melansir Everyday Health, antibakteri yang terkandung dalam madu mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Cara menghilangkan bekas jerawat bisa pakai 5 bahan ini

Oatmeal dan Baking Soda

Selain dikombinasikan dengan timun, oatmeal juga cocok digabungkan dengan baking soda, lo. Campur 2 sdm oatmeal dengan 1 sdm baking soda dan sedikit air. Setelah teraduk rata, gosokkan campuran itu pada kulit secara perlahan lalu bilas dengan air.

Anggur

Anggur bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk jerawat.

Tahukah Anda bahwa anggur dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk jerawat? Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, masukkan anggur dalam kulkas. Setelah itu, potong menjadi dua bagian lalu gosokkan bagian daging buah ke kulit secara perlahan. Selanjutnya, bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: Begini cara menghilangkan komedo putih pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru