9 Bahan yang bisa jadi cara menghilangkan komedo hitam

Rabu, 08 September 2021 | 10:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
9 Bahan yang bisa jadi cara menghilangkan komedo hitam

ILUSTRASI. Oatmeal, lemon, dan bahan alami lain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilik tipe kulit apa pun bisa mengalami komedo hitam. Cara menghilangkan komedo hitam pun perlu Anda praktikkan. Selain baik untuk kesehatan kulit, hilangnya komedo juga memudahkan Anda untuk menggunakan make up.

Komedo hitam muncul saat pori-pori kulit tersumbat sebum, sel kulit mati, dan jenis kotoran yang lain. Awalnya komedo berwarna putih, tapi karena mengalami oksidasi, warnanya berubah hitam. Usahakan untuk tidak memencet komedo supaya kulit Anda tak terluka.

Kebiasaan memencet komedo juga berisiko menimbulkan jerawat yang mengganggu kesehatan kulit. Untuk menghindari masalah itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Tak perlu khawatir, selain mudah didapat, beberapa jenis bahan alami juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Sebelum rutin memakai bahan-bahan alami di bawah ini, pastikan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Anda bisa melanjutkan pemakaian bila tak ada reaksi alergi yang muncul.

Baca Juga: Ini 7 bahan alami yang cocok dijadikan pemutih badan

Madu dan Kayu Manis

Melansir Bebeautiful.in, madu dan kayu manis bisa Anda gunakan sebagai penghilang komedo. Astringen alami dalam bahan tersebut efektif membersihkan pori-pori kulit. Tidak berhenti sampai di situ, madu dan kayu manis juga mengandung antibakteri dan pelembab alami.

Telur dan Lemon

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam yang cukup efektif adalah dengan memakai mengombinasikan telur dan lemon. Anda perlu mengocok satu putih telur hingga berbuih terlebih dahulu.

Setelah itu, tambahkan beberapa tetes air lemon lalu aduk sampai rata. Letakkan tisu di bagian kulit yang berkomedo lalu timpa dengan masker komedo yang sudah Anda buat. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukannya sebanyak satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: 7 Bahan alami ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung

Oatmeal, Yogurt, Lemon, dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan komedo hitam bisa pakai campuran oatmeal, yogurt, lemon, dan minyak zaitun.

Masker komedo lain yang direkomendasikan Bebeautiful.in adalah campuran oatmeal, yogurt, lemon, dan minyak zaitun. Caranya, campur 2 sdm oatmeal yang telah dihaluskan dengan ¼ gelas plain yoghurt, 1 sdm minyak zaitun, dan ½ lemon. Aplikasikan pada wajah selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air.

Baking Soda dan Cuka Apel

Cara menghilangkan komedo hitam lainnya yang layak untuk Anda jadikan pilihan adalah baking soda dan cuka apel. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga produksi minyak dapat berkurang. Tak hanya itu, baking soda dan cuka apel mampu mengecilkan ukuran pori-pori.

Artinya, risiko kemunculan komedo dapat Anda cegah. Cara yang harus Anda lakukan pun mudah. Pertama, campur baking soda dan air masing-masing 1 sdt. Gosokkan campuran itu pada kulit secara perlahan lalu bilas dengan air. Terakhir, aplikasikan cuka apel yang telah diencerkan sebagai toner.

Selanjutnya: Anda cari masker komedo? Pakai 7 bahan alami ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru