Cara menghilangkan bekas jerawat bisa pakai 5 bahan ini

Jumat, 03 September 2021 | 08:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan bekas jerawat bisa pakai 5 bahan ini

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bekas jerawat perlu segara Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya jerawat, bekasnya pun jadi salah satu masalah yang cukup sering dialami banyak orang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat bisa Anda praktikkan.

Biasanya, bekas jerawat yang berwarna gelap dan sulit hilang terjadi karena jerawat terlalu sering dipencet. Hal itu bisa semakin parah saat Anda stres dan nutrisi tubuh tak terpenuhi dengan baik.

Bagi pemilik tipe kulit yang mudah berjerawat, usahakan untuk rutin mengonsumsi makanan bergizi. Banyak air putih juga penting untuk dilakukan. Selain itu, hindari beberapa jenis makanan dan minuman yang memperparah masalah kulit.

Nah, di bawah ini, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai penghilang bekas jerawat. Usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Apabila kulit tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya secara teratur.

Baca Juga: Mudah Anda coba, ini 5 cara menghilangkan jerawat secara alami

Teh Hijau

Melansir Figaro London (figarolondon.uk), teh hijau bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam lainnya di kulit. Anda bisa mengonsumsinya atau menggunakan teh hijau secara langsung.

Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami juga bisa Anda lakukan dengan lemon, lo. Kandungan dalam lemon efektif menyeimbangkan pH kulit dan mencerahkan warna kulit secara alami.

Tak hanya itu, rutin memakai lemon mampu mengecilkan ukuran pori-pori sehingga infeksi yang lebih parah bisa dicegah. Caranya, aplikasikan beberapa tetes air lemon pada bekas jerawat menggunakan kapas. Karena kandungan asam yang tinggi, usahakan untuk tidak memakainya terlalu sering, ya.

Bawang Putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat? Meski mempunyai bau menyengat, bahan alami itu cukup efektif menyamarkan noda hitam karena antibakteri dan kandungan lain di dalamnya.

Setelah mencuci muka, gosokkan bawang putih pada bekas jerawat secara perlahan. Figaro Londo mengatakan bahwa Anda bisa mengaplikasikan bahan alami tersebut beberapa kali dalam sehari. Selain dipakai langsung, rutin mengonsumsi bawang putih juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Bisa menghilangkan jerawat, ini 3 manfaat kemangi untuk kecantikan

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi berikutnya adalah dengan memakai tea tree oil. Sama seperti bahan alami yang lain, tea tree oil mengandung antibakteri yang efektif menyamarkan noda hitam.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur 5 tetes tea tree oil dengan 1 sdt madu dan 1 sdt yogurt. Aduk rata lalu aplikasikan masker tersebut pada bekas jerawat. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat.

Yogurt

Yogurt bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Selain dikombinasikan dengan madu dan tea tree oil, yogurt juga bisa Anda gunakan pada bekas jerawat secara langsung. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat hitam selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Vitamin A dalam yogurt dapat mempercepat regenerasi kulit.

Selanjutnya: Cari cara menghilangkan flek hitam? Coba 4 hal ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru