Cari cara menghilangkan flek hitam? Coba 4 hal ini, yuk

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 13:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara menghilangkan flek hitam? Coba 4 hal ini, yuk

KONTAN.CO.ID - Salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang adalah kemunculan flek hitam. Jika Anda salah satunya, beragam cara menghilangkan flek hitam layak untuk dicoba.

Ada banyak faktor mengapa flek hitam muncul. Mulai dari tanda penuaan, perubahan hormon, paparan sinar matahari, hingga bekas jerawat. Supaya masalah kulit itu bisa hilang, ada beberapa perawatan yang bisa Anda coba.

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

Apalagi jika setelah menggunakan cara-cara ini, tak ada perubahan yang Anda dapat. Dengan meminta saran dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi.

Pakai cuka apel

Menurut Medicine Net, memakai cuka apel bisa jadi salah satu cara menghilangkan flek hitam. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel mampu mengatasi pigmentasi kulit. Tak hanya itu, asam asetat juga bisa jadi obat jerawat.

Karena kandungan asam yang cukup tinggi, jangan lupa untuk mencampur cuka apel dengan air, ya. Aplikasikan air cuka apel pada wajah selama dua hingga tiga menit lalu bilas dengan air.

Cobalah untuk menggunakannya secara rutin supaya mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Bisa jadi cara membersihkan wajah, gunakan 6 bahan alami ini

Manfaatkan lidah buaya

Salah satu cara menghilangkan flek hitam adalah memakai lidah buaya.

Mengutip dari Medicine Net, kandungan dalam lidah buaya efektif mengurangi pigmentasi kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Pertama, aplikasikan gel lidah buaya pada flek hitam. Diamkan selama semalaman lalu bilas sisa lidah buaya dengan air di pagi hari.

Gunakan tabir surya

Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu perawatan penting yang perlu Anda gunakan setiap hari. Sebab, paparan sinar matahari bisa menyebabkan flek hitam. Nah, hal itu bisa Anda cegah dengan memakai tabir surya.

Baca Juga: Alami dan aman, 5 bahan ini dapat memutihkan kulit wajah

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya yang perlu Anda coba adalah mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur agar nutrisi kulit terjaga.

Tidak berhenti sampai di situ, hindari dehidrasi dengan minum sekitar delapan gelas air putih per hari. Saat hal itu Anda lakukan, sel kulit menjadi lebih sehat.

Akibatnya, tekstur kulit menjadi lebih halus dan warna kulit menjadi lebih cerah. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Namun, tentu saja konsumsi suplemen sesuai dengan arahan dokter.

Selanjutnya: Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru