kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin Panjang Umur, 4 Manfaat Keju yang Telah Terbukti Dalam Penelitian


Kamis, 06 Juli 2023 / 18:18 WIB
Bikin Panjang Umur, 4 Manfaat Keju yang Telah Terbukti Dalam Penelitian
ILUSTRASI. Keju bisa bikin panjang umur.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MANFAAT KEJU - Keju memiliki nutrisi lengkap yang memberikan banyak manfaat. Ini empat manfaat keju yang telah dibuktikan dalam penelitian, salah satunya bikin panjang umur. 

Keju biasanya dijadikan taburan untuk menu makanan atau kue. Tidak heran, rasa keju yang gurih dan asin cocok dipadukan dengan beragam makanan. 

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Mengobati Ambeien

Selain itu, keju merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Mengutip dari Healthline, keju mengandung kalsium, lemak, protein, vitamin A, dan B12, seng, fosfor, serta riboflavin. 

Keju yang dikonsumsi secara rutin dengan porsi terukur akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti: 

1. Menjaga kesehatan jantung 

Mengutip dari Eating Well, sebuah laporan tahun 2016 yang menganalisis hasil 31 penelitian kohort prospektif menunjukkan bahwa makan 2 ons keju setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 18% lebih rendah. 

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kalsium, potasium, magnesium, riboflavin, dan vitamin B12 yang terkandung dalam keju. 

Bahkan sebuah temuan menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah ons keju sehari bisa menurunkan risiko stroke sebesar 13%. 

2. Mencegah diabetes 

Sebuah analisis studi kohort di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan satu 1 3/4 ons keju sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 8%. 

Penelitian lain di AJCN dari Swedia menunjukkan bahwa perempuan yang makan kurang dari 2 ons keju sehari juga mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2.

3. Panjang umur 

Sebuah penelitian lama tahun 2016 di European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan sekitar 2 ons keju sehari dikaitkan dengan kemungkinan mengalami risiko kematian  38% lebih rendah. 

Hal ini diduga karena efek kandungan kalsium dalam keju yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengekang penyerapan lemak di usus. 

4. Membuat tubuh lebih kuat 

Mengonsumsi hampir secangkir keju ricotta sehari selama 12 minggu bisa meningkatkan massa otot dan meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa sehat di atas 60 tahun. 

Para peneliti penelitian yang diterbitkan di Clinical Interventions in Aging mengatakan bahwa kasein dan whey protein susu telah memicu perbaikan. 

Baca Juga: 13 Manfaat Teh Hijau jika Diminum Rutin, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×