kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Nilai Kadar Asam Urat Normal untuk Perempuan dan Laki-Laki? Cek Penyebab Gout


Jumat, 30 Juni 2023 / 04:59 WIB
Berapa Nilai Kadar Asam Urat Normal untuk Perempuan dan Laki-Laki? Cek Penyebab Gout
ILUSTRASI. Ini nilai kadar asam urat normal untuk perempuan dan laki-laki.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Ini nilai kadar asam urat normal untuk perempuan dan laki-laki.  

Asam urat merupakan senyawa alami sisa hasil metabolisme zat purin. Purin sendiri adalah molekul yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan bisa bersumber dari sejumlah bahan makanan. 

Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Asam urat baru akan menjadi masalah ketika menumpuk dalam darah dan tidak dapat dikeluarkan. 

Peningkatan kadar asam urat yang melebihi batas normal menjadi penyebab penyakit asam urat atau gout. Dalam istilah medis, kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat disebut sebagai hiperurisemia. 

Pada akhirnya, asam urat yang berlebih akan mengendap menjadi kristal urat dan masuk ke organ tubuh, khususnya ke dalam sendi. Kristal urat ini kemudian dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. 

Hal ini memicu sel-sel kekebalan (immune cells) untuk memusnahkannya. Munculnya sel-sel kekebalan akan menimbulkan reaksi radang atau inflamasi yang menyebabkan nyeri dan bengkak kemerahan. 

Untuk mengetahui apakah kadar asam urat Anda termasuk normal atau tinggi, Anda perlu menjalani tes medis di fasilitas kesehatan atau rumah sakit. 

Baca Juga: Awas keliru, ini beda rematik dan asam urat yang harus Anda pahami

Tes darah untuk mengecek kadar asam urat dikenal sebagai pengukuran serum asam urat. 

Selain mengetahui kadar asam urat dalam darah, tes ini juga dapat berguna untuk memberi tahu dokter seberapa baik kerja tubuh dalam memproduksi dan menghilangkan asam urat tersebut. 

Lalu, berapa kadar asam urat normal dalam darah? 

Kadar asam urat normal pada pria dan wanita berbeda 

Melansir Buku Asam Urat (2011) oleh Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc dan Hafid Alhristian, S.Ked, kadar asam urat normal pada setiap orang dapat berbeda, yakni tergantung usia, jenis kelamin, pola makan, dan kondisi kesehatan masing-masing. 

Namun, pada umumnya, kadar asam urat normal pada pria, yakni 7,0 mg/dL. Sedangkan, kadar asam urat normal pada wanita adalah 5,7 mg/dL. Di atas angka tersebut, seseorang bisa dikatakan mengalami hiperurisemia. 

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik & 5 Makanan Rekomendasi Kemenkes untuk Atasi GERD




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×