kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Asam Urat Tinggi Di Kaki, Cek Asam Urat Normal Perempuan & Pria


Sabtu, 14 Januari 2023 / 04:45 WIB
Gejala Asam Urat Tinggi Di Kaki, Cek Asam Urat Normal Perempuan & Pria


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inilah gejala asam urat tinggi di kaki yang selama ini sering diremehkan. Cek juga angka normal asam urat pada perempuan dan laki-laki.

Gejala asam urat tinggi harus diwaspadai sejak dini. Semakin cepat mengetahui tanda-tanda asam urat, semakin cepat pula untuk disembuhkan.

Selama ini banyak yang meremehkan asam urat tinggi. Akibatnya, pasien asam urat tinggi berobah dalam kondisi parah dan susah disembuhkan.

Gejala asam urat tinggi

Dilansir dari Kompas.com, nyeri yang muncul secara tiba-tiba di pergelangan kaki bisa saja menjadi tanda atau ciri-ciri asam urat tinggi. Untuk diketahui, gout atau asam urat adalah sejenis artritis inflamasi atau suatu kondisi ketika sistem kekebalan memiliki reaksi kuat yang menyerang sendi dan menyebabkan peradangan.

Serangan asam urat dapat berlangsung dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu dan biasanya memengaruhi satu sendi pada suatu waktu. Ketika menyerang pergelangan kaki, asam urat juga kerap disebut dengan encok pergelangan kaki.

Baca Juga: Kompres Es Batu Bisa Meredakan Nyeri Akibat Asam Urat Tinggi

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui tanda-tanda asam urat tinggi di pergelangan kaki.

Tanda-tanda atau ciri-ciri asam urat mungkin sulit dideteksi. Pasalnya, rasa nyeri asam urat di pergelangan kaki hampir mirip dengan keseleo atau kram otot. Namun, ada beberapa gejala khas yang menunjukkan kondisi asam urat tinggi di pergelangan kaki yaitu:

1. Rasa sakit yang hebat

Gejala asam urat tinggi di kaki yang pertama adalah rasa sakit yang hebat. Rasa sakit yang hebat di area pergelangan kaki dan muncul secara tiba-tiba dapat menjadi ciri-ciri khas encok pergelangan kaki. Rasa sakit tersebut dirasakan seseorang tanpa mengalami cedera otot atau luka tertentu.

2. Kemerahan

Gejala asam urat tinggi di kaki yang kedua adalah muncul warna kemerahan. Serangan gout juga menyebabkan area pergelangan kaki terlihat kemerahan.

3. Pembengkakan

Gejala asam urat tinggi di kaki yang ketiga adalah terjadi pembengkakan. Sama seperti area lain, asam urat yang terjadi di pergelangan kaki juga ditandai dengan pembengkakan.

4. Panas

Gejala asam urat tinggi di kaki yang keempat adalah ada rasa panas. Penyakit asam urat juga dapat menyebabkan gejala berupa persendian yang terasa panas dan sensansi terbakar.

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri asam urat pergelangan kaki di atas, penting untuk segera periksa ke dokter. Dokter atau ahli medis mungkin akan meresepkan obat untuk meredakan rasa nyeri dan mencegah asam urat bertambah parah.

Asam urat normal pada perempuan dan pria

Mengenali angka normal asam urat pada perempuan dan laki-laki penting bagi setiap orang. Pasalnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat, banyak laki-laki dan wanita mengeluhkan asam urat yang tinggi.

Lalu berapa angka normal asam urat normal pada perempuan dan laki-laki? Apa saja ciri-ciri asam urat naik

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Baca Juga: Buah Nanas Untuk Obat Asam Urat? Cek Makanan Penyembuh Asam Urat Secara Alami

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Itulah angka normal asam urat pada perempuan dan laki-laki serta gejala asam urat tinggi di kaki yang sering diabaikan. Segera hubungi dokter jika merasakan tanda-tanda asam urat.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Ciri-ciri Asam Urat Pergelangan Kaki yang Kerap Diabaikan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×