kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur? Cek Cara Olahraga Menambah Berat Badan


Sabtu, 08 Juli 2023 / 06:46 WIB
Berapa Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur? Cek Cara Olahraga Menambah Berat Badan
ILUSTRASI. Berapa Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur? Cek Cara Olahraga Menambah Berat Badan


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Cara Menambah Berat Badan - Jakarta. Masalah berat badan bukan hanya tentang kegemukan atau obesitas. Banyak orang juga kesulitan mendapatkan cara menambah berat badan.

Cara menambah berat badan penting dilakukan agar memiliki bobot yang ideal. Untuk wanita, berapa berat badan ideal sesuai umur?

Diberitakan Kompas.com, memiliki berat badan yang ideal lebih disarankan untuk menurunkan risiko penyakit yang berbahaya, termasuk penyakit jantung. Untuk itu, ketahui berat badan ideal wanita sesuai usia serta cara sehat untuk mendapatkan berat badan ideal berikut ini.

Berat badan ideal wanita sesuai umur

Dilansir dari WebMD, berat badan ideal pada wanita ditentukan oleh berat dan tinggi badan yang akan menentukan indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) yang dimiliki. Untuk bisa menghitung BMI, Anda perlu membagi berat tubuh dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter (kg/m2).

Adapun berat badan ideal wanita berdasarkan BMI yang dimiliki, yakni:

  • Kurus atau memiliki berat badan terlalu rendah jika BMI kurang dari 18,5
  • Ideal jika memiliki BMI di antara 18,5 hingga 24,9
  • Gemuk atau kelebihan berat badan jika BMI di antara 25 hingga 29,9
  • Obesitas jika BMI di atas 30

Namun, seperti dikutip dari Medical News Today, pengukuran BMI belum tentu akurat untuk menentukan berat badan ideal seseorang. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui berat badan ideal, seperti ukuran tubuh, komposisi otot, dan usia.

Meskipun begitu, faktor usia tidak berlaku untuk orang dewasa dan hanya bisa digunakan untuk anak-anak. Anak-anak umumnya akan bertambah besar seiring dengan bertambahnya usia sehingga terdapat pengukuran BMI untuk anak-anak dan remaja yang berusia 2-19 tahun.

Cara menghitung BMI akan tetap sama, namun berat badan ideal anak akan ditunjukkan dengan ukuran persentil untuk membandingkan dengan anak yang memiliki usia dan jenis kelamin yang sama. Sedangkan untuk orang dewasa, jenis kelamin tidak terlalu dipertimbangkan sehingga akan sama antara wanita dan pria.

Cara memiliki berat badan ideal

Cara sehat mendapatkan berat badan ideal Memiliki berat badan yang ideal bisa menurunkan risiko terkena penyakit yang berbahaya karena kelebihan atau kekurangan berat badan, seperti diabetes tipe 2, anemia, hingga stroke.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara sehat untuk mendapatkan berat badan ideal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Memperhatikan porsi makanan dan memenuhi nutrisi yang diperlukan, seperti menambah asupan sayuran dan protein rendah lemak
  • Menekan keinginan untuk makan lagi setelah makan meskipun masih merasa lapar
  • Tidak melewatkan sarapan dan makan secara teratur Menambah asupan serat, atau setidaknya 21-25 gram sehari
  • Rutin berolahraga, atau setidaknya selama 150 menit per minggu
  • Minum air putih setidaknya 11,5 cangkir per hari

Meskipun ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan, mengetahui berat badan ideal wanita tetap perlu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan cara yang diperlukan sehingga berat badan tidak terlalu rendah atau berlebihan agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya, seperti stroke.

Sayur penambah berat badan

Sayur penambah berat badan perlu Anda konsumsi secara rutin jika ingin menaikkan bobot tubuh. Sayur penambah berat badan akan membantu Anda lebih cepat gemuk dibandingkan bahan makanan lainnya.

Diberitakan Grid.id, sayur adalah makanan yang punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Sayur bisa melancarkan pencernaan, mencegah darah tinggi, mencegah kanker, mengurangi stres, sampai menyehatkan kulit.

Ada beberapa sayur yang mengandung gula dan bisa membuat berat badan jadi cepat bertambah. Oleh karena itu, sayur penambah berat badan ini sangat tepat dikonsumsi jika Anda sedang dalam program penggemukan

Berikut 6 sayur penambah berat badan:

1. Kacang hijau

Sayur penambah berat badan yang pertama adalah kacang hijau. Kacang hijau punya kandungan serat dan protein yang tinggi.

Nah, kedua kandungan ini diperlukan untuk mengisi bahan bakar dan mengatur makanan dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Inilah sumber utama penambahan berat badan.

2. Daun pepaya

Sayur penambah berat badan yang kedua adalah daun pepaya. Daun pepaya punya banyak kandungan yang baik untuk tubuh, contohnya vitamin A, B C, E, K dan mineral. Selain itu, daun pepaya juga mengandung 79 kalori yang bisa membantu menambah berat badan.

3. Jagung

Sayur penambah berat badan yang ketiga adalah jagung. Jagung mengandung gula yang cukup tinggi. Gula ini bisa jadi penyebab kenaikan berat badan.

Gula membuat hormon enggak seimbang, termasuk insulin dan kortisol. Hal ini bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak. Selain itu, 100 gram jagung mengandung 125 kalori yang sangat tepat menjadi sayuran penambah berat badan.

4. Terong

Sayur penambah berat badan yang keempat adalah terong. Terong punya kandungan protein yang rendah dan tinggi kalori.

Selain itu, saat terong diolah menjadi masakan, akan cenderung menyerap minyak dan garam. Nah, itu sebabnya terong justru bisa menambah berat badan kita.

5. Wortel

Sayur penambah berat badan yang kelima adalah wortel. Melansir Readers Digest, wortel mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi.

Kandungan gula sukrosa pada gula tak jauh berbeda dengan gula pasir yang sering kita dapatkan di supermarket. Hal ini bisa membuat berat badan naik, terutama kalau dikonsumsi berlebihan.

6. Kacang polong

Sayur penambah berat badan yang keenam adalah kacang polong. Kacang polong juga menyimpan kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga kalori dalam tubuh bisa lebih mudah naik.

Kalori pada kacang polong cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan saat ingin meningkatkan berat badan.

Cara olahraga untuk menambah berat badan

Selain diet dengan konsumsi bahan makanan tertentu, olahraga juga perlu dilakukan untuk menaikkan berat badan. Diberitakan Momsmoney.id, olahraga bisa menaiikan berat badan karena olahraga bisa meningkatkan massa otot. 

Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa menaikkan berat badan yang bisa Anda coba, mengutip Health Focus, antara lain:  

1. Berenang

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan pertama adalah berenang. Berenang tidak hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.  

Orang kurus pun bisa melakukannya untuk mendapatkan berat badan ideal. Tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, berenang juga bermanfaat untuk otot tubuh.  

2. Pull up

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan kedua dengan melakukan pull up. Pull up adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dilakukan dengan berdiri sambil mengangkat tubuh ke atas.  

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan benda kokoh yang menempel di dinding atau pull up bar yang bisa Anda beli di toko olahraga.

3. Zumba

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan selanjutnya adalah Zumba. Zumba merupakan jenis senam yang menggabungkan berbagai aliran dan jenis musik. 

Gerakan Zumba membutuhkan banyak energi akan membantu membentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal.  

Oleh karena itulah, zumba menjadi jenis olahraga yang dianjurkan untuk orang kurus yang ingin gemuk dan lebih berotot. 

4. Squat

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan keempat dengan melakukan squat.  Squat adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun.  

Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu berdiri tegak (kaki sejajar dengan pinggul), kemudian turunkan bokong Anda layaknya ingin duduk. 

Saat melakukannya, usahakan tubuh tetap lurus. Jika belum terbiasa, jangan terlalu banyak melakukan gerakan ini karena bisa menimbulkan cedera.

5. Sit-up

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan terakhir adalah sit-up. Jika push-up membantu membentuk massa otot bagian bahu dan lengan, sit-up akan membentuk otot perut.  

Tidak hanya itu, sit-up bisa membuat tubuh menjadi lebih stabil dan postur tubuh Anda pun akan terlihat lebih ideal. 

Tapi, jangan lupa untuk diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan konsumsi vitamin. 

Itulah cara olahraga untuk membantu menambah berat badan. Selamat mencoba dan membuktikan hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×