CLOSE [X]

Begini Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Flu

Senin, 30 Mei 2022 | 15:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Begini Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Flu

ILUSTRASI. Kebiasaan untuk mencegah flu.


KONTAN.CO.ID - Flu adalah penyakit yang sangat cepat menular disebabkan oleh virus. Flu dapat dicegah dengan vaksinasi yang terus diulang setiap tahun. 

Namun, kebiasaan yang sehat seperti menghindari orang yang sakit, menutup hidung dan mulut saat batuk, dan sering mencuci tangan dapat membantu menghentikan penyebaran kuman dan mencegah penyakit pernapasan seperti flu. 

Selain itu, ada beberapa obat flu yang bisa diminum untuk meredakan gejala flu dan mencegah virus berkembang biak dalam tubuh. 

Untuk itu, apa saja cara mencegah flu yang bisa dilakukan? 

Baca Juga: Ini Manfaat Daun Buah Bit yang Jarang Diketahui

Kebiasaan sehat untuk cegah flu 

Dirangkum dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu:

1. Hindari kontak dekat

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit. Begitu pula saat Anda sakit, jaga jarak dengan orang lain untuk melindungi mereka agar tidak sakit juga.

2. Tetap di rumah saat Anda sakit

Jika memungkinkan, mintalah cuti atau izin dari pekerjaan, sekolah, dan tugas ketika Anda sakit. Lalu, usahakan untuk tetap di rumah saja dan hindari berpergian jauh. 

Hal ini akan membantu mencegah penyebaran penyakit Anda kepada orang lain.

Baca Juga: ​8 Obat Flu Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

3. Tutup mulut dan hidung Anda saat bersin atau batuk 

Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Ini dapat mencegah orang-orang di sekitar Anda dari tertular flu. Virus flu menyebar terutama melalui tetesan yang dibuat ketika penderita flu batuk, bersin atau berbicara.

4. Cuci tangan menggunakan sabun 

Sering mencuci tangan akan membantu melindungi Anda dari kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan alkohol.

Baca Juga: Pilihan Obat Flu yang Mudah Ditemukan di Apotek

5. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda

Kuman dapat menyebar ketika seseorang menyentuh sesuatu yang terkontaminasi kuman dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulutnya.

6. Latih kebiasaan kesehatan yang baik lainnya

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah, kantor atau sekolah, terutama ketika seseorang sakit. Tidur yang cukup, aktif secara fisik, kelola stres, minum banyak cairan, dan makan makanan bergizi.

Demikian kebiasan sehat untuk cara mencegah flu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru