CLOSE [X]

​8 Obat Flu Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Senin, 30 Mei 2022 | 13:24 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​8 Obat Flu Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

ILUSTRASI. Ilustrasi seseorang terkena flu dan obat flu alami.


KONTAN.CO.ID - Obat flu alami seringkali dicari oleh penderita flu yang enggan minum obat kimia. Flu adalah penyakit yang sangat mudah menular terutama di musim hujan maupun di pergantian cuaca. 

Nah, dikondisi seperti ini maka penderita flu bisa mencari obat alternatif yakni obat flu alami yang bisa meredakan gejalanya. 

Gejala flu biasanya meliputi pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, mata berair, meriang, sakit kepala ringan, kelelahan, dan nyeri tubuh. 

Nah, beberapa obat flu alami pun bisa ditemukan dengan mudah untuk meredakan gejalanya.

Lantas, apa saja obat alami flu dan batuk? 

Baca Juga: Pilihan Obat Flu yang Mudah Ditemukan di Apotek

Pilihan obat flu alami 

Nah, dirangkum dari laman Consumer Reports, berikut adalah beberapa obat flu alami yang bisa dicoba:

1. Sup ayam

Obat flu alami yang bisa dicoba adalah sup ayam. Ilmu pengetahuan modern memberikan reputasi bahwa sup ayam membantu meredakan hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan. 

Selain itu, ada penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat menghambat penumpukan neutrofil, sel darah putih yang memicu respons peradangan tubuh dan berkontribusi pada rasa sakit dan nyeri yang menyertai pilek dan flu. 

Serta cairan panas dan uap dari sup dapat membuka saluran udara yang bengkak dan mengencerkan lendir.

Baca Juga: Indonesia Segera Bebas Masker? Menkes: Bukan Hal yang Tidak Mungkin

2. Menghirup uap air hangat

Menghirup uap air hangat juga bisa menjadi obat flu alami yang membantu melonggarkan lendir. Uap air hangat membuat pembuluh darah di wajah dan hidung melonggarkan sumbatan lendir sehingga meredakan pilek. 

3. Mandi air hangat 

Sama dengan menhirup uap air hangat, mandi air hangat juga bisa sebagai alternatif obat flu alami. Sebab, mandi air hangat membantu melonggarkan lendir dan membersihkan saluran hidung tersumbat karena pilek. 

4. Minyak essential dan humidifier 

Minyak essential dengan bantuan humidifier juga merupakan alternatif obat flu alami. FDA menyatakan humidifier atau alat pelembab udara dapat membantu mengecilkan pembengkakan di saluran hidung dan memungkinkan mempermudah pernapasan.

Selain itu, udara yang lembap dapat menghambat virus flu untuk bertahan hidup dan berkembang biak dalam tubuh. 

Baca Juga: Musim Hujan Sudah Tiba, Inilah 5 Cara Terhindar Dari Influenza

5. Madu

Madu juga menjadi alternatif obat flu alami. Namun, madu tidak dapat digunakan sebagai obat flu alami bagi anak di bawah satu tahun karena dapat mengandung bakteri Clostridium botulinum

6. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga menjadi salah satu alternatif obat batuk alami. Cara mengobati flu secara alami dengan air garam adalah larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 

Lalu, kumur hingga di bagian belakang tenggorokan, lalu ludahkan. Ulangi beberapa kali sehari.

Baca Juga: Cacar Monyet Sudah Masuk ke Negara Tetangga Indonesia, Waspada Gejalanya

7. Bawang putih 

Bawang putih juga menjadi salah satu alternatif obat flu alami. Dikutip dari Kompas.com (9/2/2020), bawang putih mengandung allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu membunuh virus dan bakteri.  

Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih tidak hanya mencegah seseorang jatuh sakit tetapi juga mengurangi tingkat keparahan gejala. Anda bisa menyertakan bawang putih dalam makanan untuk mendapatkan manfaat kesehatan. 

8. Meningkatkan asupan senyawa seng 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa seng juga bisa menjadi alternatif obat flu alami dengan meringankan gejalanya. Senyawa seng membantu tubuh tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang memerangi kuman dan virus asing serta penting bagi sistem kekebalan tubuh.  

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makan makanan yang kaya nutrisi. Beberapa di antaranya adalah daging merah, kerang, lentil, buncis, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur. 

Demikian, beberapa obat flu alami yang bisa Anda coba lakukan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru