kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilihan Obat Flu yang Mudah Ditemukan di Apotek


Senin, 30 Mei 2022 / 11:16 WIB
Pilihan Obat Flu yang Mudah Ditemukan di Apotek
ILUSTRASI. Ilustrasi obat flu.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Flu adalah penyakit yang sangat mudah menular terutama di musim hujan maupun di pergantian cuaca. Nah, dikondisi seperti ini maka penderita flu akan mencari obat flu paling ampuh yang bisa meredakan gejalanya. 

Gejala flu biasanya meliputi pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, mata berair, meriang, sakit kepala ringan, kelelahan, dan nyeri tubuh. 

Nah, beberapa obat flu yang ampuh pun bisa ditemukan dengan mudah di apotek tanpa perlu resep dokter. 

Lantas, apa saja obat flu, batuk, dan meriang untuk dewasa? 

Baca Juga: Tak hanya Tinggi, Asam Lambung Rendah Juga Berbahaya, Kenali Gejalanya

Pilihan obat flu di apotek 

Dirangkum dari laman Health Direct Autralia, berikut adalah beberapa pilihan obat flu yang dengan mudah bisa ditemukan di apotek: 

1. Paracetamol

Paracetamol adalah obat flu untuk meredakan gejala nyeri dan demam yang biasanya dialami oleh penderita flu. Paracetamol dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak di atas 1 bulan. 

Baca dan ikuti petunjuk pada label dengan cermat saat akan menggunakan paracetamol sebagai obat flu. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Sering Kentut, Dari Makanan Tertentu Hingga Stres

2. Ibuprofen 

Ibuprofen adalah salah satu oabt flu yang dapat digunakan untuk meredakan gejala nyeri dan deman akibat flu. Ibuprofen dapat diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak usia 3 bulan ke atas, sesuai dengan berat badan mereka. 

Hindari ibuprofen jika anak Anda menderita asma, kecuali disarankan oleh dokter Anda. Baca dan ikuti petunjuk pada label dengan cermat. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda. 

3. Dekongestan dan tetes hidung saline

Dekongestan dan tetes hidung saline (air garam) adalah obat flu untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Namun, kedua obat flu ini tidak 

untuk meredakan hidung tersumbat boleh digunakan lebih dari 4 atau 5 hari berturut-turut. Dekongestan yang mengandung pseudoephedrine, phenylephrine, oxymetazoline atau xylometazoline tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah 6 tahun. 

Sementara itu, gunakan semprotan atau tetes hidung air garam (saline) sebagai pengganti dekongestan hidung untuk anak di bawah usia 6 tahun. Sebelum menggunakan dekongestan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda apakah aman untuk Anda atau anak Anda.

Baca Juga: 5 Kategori Penderita Kasus Cacar Monyet Beserta Gejalanya




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×