Begini cara mengatasi kecanduan gula demi tubuh yang sehat

Selasa, 19 Januari 2021 | 14:50 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara mengatasi kecanduan gula demi tubuh yang sehat

ILUSTRASI. Gula dapat ditemukan di dalam banyak makanan yang kita santap.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gula membuat ketagihan, dan ilmu pengetahuan pun pasti sepakat dengan kesimpulan itu.  Alasan itu pulalah yang membuat imbauan untuk mengurangi asupan gula atau menghentikannya sama sekali demi kesehatan, menjadi terasa sangat sulit.

Dr. Jennifer Ashton, kepala koresponden medis ABC News, mengatakan gula dapat ditemukan di dalam banyak makanan yang kita santap. Meskipun gula membuat beragam santapan terasa enak, namun asupan gula dapat meningkatkan jumlah asupan total hingga melampaui batas yang disarankan. "Bacalah label pada bahan makanan tersebut dan lihat kandungan gulanya," kata Ashton.

Berdasarkan saran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perempuan dapat mengonsumsi 25 gram gula sehari, dan pria 37 gram gula sehari. Sementara, untuk anak-anak saran asupan gula bervariasi tergantung usia.

Ashton mengungkapkan sejumlah cara mudah untuk mengalahkan "kecanduan" gula, demi mencapai kesehatan yang lebih baik. 

Baca Juga: 7 Hal yang terjadi pada tubuh jika minum kopi setiap hari

1. Hentikan mendadak

Menurut Ashton, ada bukti ilmiah dan nutrisi yang mendukung fakta bahwa kecanduan gula, dalam istilah biokimia otak, sama dengan kecanduan kokain. "Bagaimana seseorang mencoba menghentikan kebiasaan kokain? Berusaha menghentikan secara mendadak dan total bukan?" kata dia.

"Demikian pula dengan gula, lakukan penghentian mendadak dan total dari menu harian," sebut dia.

2. Gradual

Nah, jika menghentikan mendadak menjadi terasa lebih sulit, mungkin pendekatan gradual akan lebih mudah dilakukan. Secara perlahan mulailah menghilangkan makanan dan minuman manis dari menu harian, menjadi hal yang bisa langsung kita praktikkan. 

"Jika kita merasa seolah-olah berada di luar kendali atau menjadi murung tanpa minuman ringan, atau sepotong cokelat, kita perlu mempertimbangkan melakukan ide ini secara gradual."

"Kita perlu berstrategi untuk secara perlahan menguragi kebutuhan gula itu," kata Dr. Niket Sonpal. Sonpal adalah internis dan gastroenterologi di Touro College of Osteopathic Medicine di New York City, Amerika Serikat.

Sonpal mengatakan, makan sepotong buah adalah cara terbaik untuk meminimalkan keinginan akan gula. Secara khusus, dia merekomendasikan untuk menghindari semua gula olahan, dalam perjalanan ini.

Baca Juga: ​9 Cara sederhana untuk menjaga kesehatan jantung

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru