Tips Sehat

7 Hal yang terjadi pada tubuh jika minum kopi setiap hari

Senin, 18 Januari 2021 | 14:09 WIB Sumber: Kompas.com
7 Hal yang terjadi pada tubuh jika minum kopi setiap hari

ILUSTRASI. Minum kopi mungkin menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang untuk meningkatkan semangat dan memberikan manfaat kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum kopi mungkin menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang untuk meningkatkan semangat dan memberikan manfaat kesehatan. Namun tanpa kita sadari, minum kopi secara berlebihan justru akan membuat kita sulit tidur dan menimbulkan beberapa penyakit. 

Oleh karena itu, mari simak tujuh hal yang dapat terjadi pada tubuh kita ketika mengonsumsi kopi setiap hari, seperti yang dilansir dari laman The Healthy berikut ini. 

1. Mengurangi potensi kanker dan penyakit lainnya 

Sejak pertama kali ditemukan di Ethiopia, kopi telah mengalami perkembangan yang luas dalam hal konsumsi dan jenis minumannya. Rata-rata orang Amerika Serikat mendapatkan sebagian besar antioksidan mereka dari kopi. 

Dengan minum kopi hitam setiap hari, kita benar-benar dapat mengurangi peluang penyakit tertentu dan melindungi otak dari demensia. "Konsumsi kopi dalam jumlah sedang (3-5 cangkir setiap hari) dapat menurunkan risiko kematian dari semua penyakit." 

Demikian dikatakan oleh ahli diet yang terdaftar untuk Community Coffee Company, Beth Witherspoon. "Kopi juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurunkan risiko penyakit parkinson, demensia, sirosis hati, serta kanker tertentu, termasuk hati dan endometrium," sambung dia. 

Para ahli bahkan menyebut kopi sebagai "obat ajaib" karena kemampuannya untuk mencegah penyakit tersebut. "Pada dasarnya kopi membantu kita hidup lebih lama," ungkap Janet Rich Pittman, Spesialis Pencegahan Demensia. 

Namun para ahli mencatat, bahwa manfaat kopi paling baik dicapai dengan kopi hitam tanpa gula atau susu. "Agar antioksidan bekerja, kita harus menyingkirkan krim dan gula," terangnya. 

Baca Juga: Begini cara minum kopi yang aman untuk penderita asam lambung

2. Meningkatkan suasana hati 

Selain mencegah penyakit, kandungan kafein di dalam kopi berkorelasi langsung dengan otak kita. Efek ini terutama terlihat pada tingkat konsumsi yang rendah yakni sekitar 75 miligram. Menurut Witherspoon, kafein telah dikaitkan dengan tindakan positif pada otak, termasuk meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati. 

Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh Harvard's School of Public Health menemukan, orang-orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi berkafein sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45%. Hal ini mungkin terjadi karena efek stimulan kafein membantu meningkatkan suasana hati orang. 

3. Meningkatkan retensi memori 

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, bahwa kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan retensi memori. Dalam jurnal Nature Neuroscience dikatakan, kafein dapat meningkatkan produktivitas kerja. 

Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan, apabila kafein mampu meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia. Tetapi penting untuk dicatat, tidak semua jenis kafein terbukti memiliki dampak positif pada produktivitas. 

Baca Juga: 5 Manfaat minum kopi hitam secara rutin untuk kesehatan tubuh

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru