Begini 5 cara mengobati sakit dada bagian tengah, mau coba?

Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini 5 cara mengobati sakit dada bagian tengah, mau coba?

ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengobati sakit dada bagian tengah. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.


KONTAN.CO.ID - Nyeri dada biasanya identik dengan gejala serangan jantung. Namun, faktor penyebabnya tak hanya itu, lo. Masih banyak faktor yang menimbulkan rasa sakit dada. Artinya, cara mengobati sakit dada bagian tengah pun beragam.

Melansir Timesnownews.com, ada beberapa gejala lain yang mungkin muncul saat Anda mengalami sakit dada. Mulai dari sesak napas, muncul heartburn atau sesnasi terbakar dari perut hingga tenggorokan, mual, muntah, pusing, hingga produksi keringat meningkat.

Jadi, sakit dada tak terjadi hanya karena serangan jantung. Masalah pada sistem pencernaan, serangan panik, pembengkakan otot jantung, TBC, gangguan pada paru-paru, dan faktor lain bisa menyebabkan nyeri dada.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati ketika menghadapi kondisi tersebut. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, perokok aktif atau pasif, kolesterol tinggi, atau hipertensi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meringankan nyeri dada.

Cuka apel

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu masalah pencernaan yang memicu nyeri dada. Salah satu cara mengobati sakit dada bagian tengah karena hal tersebut adalah dengan mengonsumsi air cuka apel.

Baca Juga: Yuk, coba 5 cemilan untuk penderita asam lambung ini

Lidah buaya

Lidah buaya dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengobati sakit dada bagian tengah.

Selain cuka apel, Timesnownews.com merekomendasikan lidah buaya untuk meredakan sakit dada. Kandungan dalam bahan alami itu mampu mengontrol irama jantung. Dengan begitu, sakit dada yang Anda rasakan dapat berkurang.

Susu dan bawang putih

Apabila Anda sering mengalami nyeri dada, tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri mengonsumsi susu dan bawang putih. Kombinasi bahan alami itu mampu mengobati nyeri dada yang terjadi. Namun, jangan lupa untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 6 Makanan ini bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung

Susu almond

Cara mengobati sakit dada bagian tengah berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan minum susu almond. Jenis susu itu efektif menetralkan kandungan asam dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, heartburn yang memicu sakit dada dapat mereda.

Susu dan kunyit

Kunyit dan susu berguna sebagai cara mengobati sakit dada bagian tengah.

Selain dikombinasikan dengan bawang putih, susu juga bisa Anda minum dengan kunyit. Bahan-bahan tersebut mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan pemicu sakit dada.

Selanjutnya: Waspadai 5 penyebab muntah darah yang umum terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru