Yuk, coba 5 cemilan untuk penderita asam lambung ini

Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, coba 5 cemilan untuk penderita asam lambung ini

ILUSTRASI. Ada beragam cemilan untuk penderita asam lambung yang dapat Anda konsumsi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam lambung yang tidak terkontrol bisa menimbulkan banyak masalah. Selain sakit perut, asam lambung juga bisa memicu heartburn atau sensasi terbakar. Supaya tak bertambah parah, mengonsumsi cemilan untuk penderita asam lambung bisa Anda jadikan pilihan.

Heartburn biasanya menyebabkan Anda mengalami nyeri dada dan sakit tenggorokan. Apabila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami kondisi lain yang lebih parah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera mengatasinya.

Apabila makanan dan minuman berikut ini tidak bisa meredakkan asam lambung naik, cobalah untuk membicarakannya ke dokter. Biasanya, dokter bakal memberikan beberapa jenis obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Jahe

Gastroenterology Consultants (gastroconsa.com) mengatakan bahwa jahe mengandung antiinflamasi. Artinya, jenis rempah itu mampu meredakan peradangan yang terjadi akibat asam lambung tinggi. Alkalin dalam jahe pun efektif menyeimbangkan pH lambung sehingga iritasi dapat Anda hindari.

Baca Juga: Begini cara mengatasi sakit tenggorokan dengan pengobatan rumahan

Yogurt

Yogurt bisa Anda jadikan cemilan untuk asam lambung.

Jika Anda mencari cemilan untuk penderita asam lambung, maka yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang patut untuk Anda coba. Selain menenangkan saluran pencernaan yang iritasi, yogurt juga bisa jadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

Yogurt juga mengandung banyak probiotik. Dengan rutin mengonsumsinya, kesehatan sistem pencernaan Anda dapat terjaga. Sembelit dan jenis penyakit saluran pencernaan yang lain dapat Anda hindari dengan baik.

Lemak Sehat

Mengonsumsi makanan berlemak memang bisa memperparah kondisi asam lambung. Namun, hal itu tidak berlaku jika Anda mengonsumsi lemak sehat. Ada banyak jenis makanan yang mengandung jenis lemak itu. Mulai dari minyak zaitun, alpukat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hindari, 5 makanan penyebab asam urat ini tinggi purin

Legume

Legume jadi cemilan untuk penderita asam lambung berikutnya yang bisa Anda konsumsi. Jenis makanan itu tidak mengandung banyak lemak dan kolesterol, tapi dipenuhi dengan nutrisi lain yang bergizi untuk tubuh Anda. Mulai dari kalium, magnesium, zat besi, dan lain-lain.

Buah dan Sayur

BUah dan sayur bisa jadi cemilan untuk asam lambung.

Mengutip dari Gastroenterology Consultants, hampir semua buah dan sayur dapat menurunkan asam lambung karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat juga bisa membuat Anda merasa kenyang sehingga masalah asam lambung dapat Anda hindari.

Selanjutnya: 5 Makanan ini bisa jadi cara mengatasi maag, bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru