Waspadai 5 penyebab muntah darah yang umum terjadi

Jumat, 29 Oktober 2021 | 12:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai 5 penyebab muntah darah yang umum terjadi

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan muntah darah.


KONTAN.CO.ID - Muntah darah, atau dalam istilah medis disebut dengan haematemesis, bisa jadi salah satu tanda kesehatan tubuh yang terganggu. Supaya bisa mendapat pengobatan yang sesuai, penyebab masalah kesehatan itu perlu Anda ketahui.

Setiap orang bisa mengalami muntah darah yang berbeda-beda. Ada yang memuntahkan darah dalam jumlah yang banyak, ada yang memuntahkan darah bersama dengan makanan dan minum yang telah dicerna, dan lain sebagainya.

Apabila mengalami hal tersebut, cobalah untuk menyimpan sedikit muntahan yang Anda keluarkan lalu periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter menjadi lebih mudah untuk mengidentifikasi penyebabnya sehingga pemberian saran pengobatan bisa lebih efektif.

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu masalah pencernaan yang cukup berbahaya bila tak segera Anda atasi.

Asam lambung yang naik ke saluran pencernaan atas dapat menimbulkan iritasi. Hal itulah yang membuat saluran pencernaan terluka sehingga Anda memuntahkan darah.

Baca Juga: Umum terjadi, 4 tanda-tanda hamil ini bisa Anda alami

Menelan darah

Mengutip dari NHS, muntah darah bisa terjadi ketika Anda tak sengaja menelan darah, misalnya, saat mimisan.

Selain keluar dari mulut, darah yang tertelan juga bisa keluar bersama dengan feses. Nantinya, feses akan berwarna lebih gelap karena mengandung darah.

Kerongkongan terluka

Kerongkongan yang terluka bisa memicu muntah darah.

Jika Anda terus muntah dalam jangka waktu lama, ada risiko kerongkongan Anda terluka. Ketika hal itu terjadi, Anda pun berisiko mengeluarkan muntahan yang bercampur dengan darah.

Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk meredakan mual dan muntah dengan baik.

Baca Juga: Waspada, ini gejala kanker pada anak-anak dan langkah pencegahannya

Sakit maag

Muntah darah juga bisa terjadi karena sakit maag, lo. Serupa dengan GERD, sakit maag biasanya ditandai dengan kemunculan heartburn atau sensasi terbakar, nyeri dada, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sakit maag yang parah. Mulai dari makan secara teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk lambung, menghindari makanan pedas dan berlemak, hingga rutin berkonsultasi ke dokter.

Penyebab lain

Kanker perut termasuk salah satu penyebab muntah darah.

Melansir NHS, masih banyak faktor lain yang bisa membuat Anda memuntahkan darah. Contohnya, kanker perut, kondisi kesehatan darah tertentu seperti anemia atau leukimia, serta menelan racun.

Selanjutnya: 5 penyebab nyeri perut bagian bawah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru