6 Makanan ini bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan ini bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung biasanya ditandai dengan munculnya heartburn atau sensai terbakar. Tentu saja Anda perlu segera mengonsumsi obat asam lambung supaya kesehatan tubuh tak semakin buruk.

Biasanya, sensasi terbakar yang muncul akibat asam lambung naik dibarengi dengan rasa nyeri di bagian dada hingga saluran pencernaan atas. Tentu saja Anda perlu menghindari beberapa faktor yang bisa memicu kondisi tersebut.

Mengutip Health (health.com), makanan pedas dan makanan asam adalah jenis makanan yang perlu Anda hindari supaya asam lambung naik tak Anda alami. Kafein, cokelat, dan alkohol juga memberikan dampak yang sama.

Selain menghindari jenis-jenis makanan dan minuman itu, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Tujuannya tentu saja supaya asam lambung tak bertambah parah. Apabila kondisi Anda tak membaik, jangan lupa untuk langsung memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 6 Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Jahe

Jahe biasanya digunakan untuk meredakan mual. Namun, jenis rempah itu juga bisa dijadikan obat herbal asam lambung. Ada banyak cara yang bisa Anda coba jika ingin mengonsumsi jahe. Anda bisa merebusnya dulu lalu meminum airnya atau mengolah jahe dengan bahan bergizi lain.

Pisang dan Oatmeal

Pisang, oatmeal, dan jenis makanan lain bisa jadi obat asam lambung.

Cara mengobati asam lambung berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi pisang. Efeknya akan semakin terasa saat Anda mengombinasikannya dengan oatmeal. Selain meredakan asam lambung, jenis makanan itu juga mudah dicerna sehingga baik untuk sistem pencernaan Anda.

Alpukat

Anda perlu berbahagia jika gemar mengonsumsi alpukat karena jenis buah itu termasuk salah satu obat herbal asam lambung. Manfaat alpukat itu datang dari jenis lemak sehat yang terdapat di dalamnya. Cobalah untuk mengombinasikan alpukat dengan jenis makanan lain, misalnya telur.

Lidah Buaya

Health menyebutkan bahwa lidah buaya termasuk dalam daftar makanan untuk penderita asam lambung. Anda bisa mengolah lidah buaya menjadi smoothie dan mengonsumsinya secara teratur. Selain baik untuk kesehatan lambung, kandungan lidah buaya juga baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Ampuh redakan nyeri, inilah 5 obat herbal untuk asam urat

Melon

Melon bisa digunakan sebagai obat herbal asam lambung.

Melon jadi jenis buah lain yang bisa mengobati asam lambung. Selain melon, jenis buah lain yang sejenis, seperti blewah, juga bisa Anda jadikan pilihan. Buah-buah tersebut mengandung sedikit asam yang mana baik untuk sistem pencernaan.

Roti

Selain beberapa jenis makanan yang telah disebutkan, asam lambung bisa teratasi dengan mengonsumsi roti. Tekstur roti yang lembut memudahkannya untuk dicerna di saluran atas sehingga bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat heartburn.

Selanjutnya: Ini 6 bahan alami yang bisa jadi obat mual ibu hamil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru