6 Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Senin, 13 September 2021 | 12:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

ILUSTRASI. Buah jeruk termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

KONTAN.CO.ID - Asam lambung yang terlalu tinggi bisa menyebabkan banyak masalah. Misalnya, heartburn dan nyeri dada. Supaya hal itu tak sering Anda alami, hindari beberapa makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan di bawah ini, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan yang lebih sehat untuk lambung. Anda bisa mengonsumsi dada ayam, tapi pastikan untuk mengonsumsinya tanpa kulit dan tidak mengolahnya dengan digoreng.

Selada dan seledri juga bisa Anda jadikan pilihan. Jenis bahan alami itu mudah dicerna sehingga tak menimbulkan produksi gas yang bisa membuat sakit perut. Melon, oatmeal, jahe, dan brown rice juga bisa Anda jadikan pilihan makanan untuk penderita asam lambung.

Nah, beberapa makanan di bawah inilah yang perlu Anda hindari. Jika setelah menghindari makanan ini asam lambung tetap tak terkontrol, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Cari obat maag? 5 Makanan ini bisa Anda jadikan pilihan

Gorengan

Mengutip dari Healthy UH, gorengan dapat memperparah asam lambung naik yang Anda alami. Selain gorengan seperti bakwan atau mendoan, kentang goreng, onion ring, hingga ayam goreng juga perlu Anda hindari.

Jeruk

Jeruk termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Bukan tanpa alasan, jeruk dan jenis buah sitrus lain mengandung zat asam yang cukup tinggi.

Hal itu bisa melemahkan katup antara lambung dan saluran pencernaan atas sehingga memperparah asam lambung naik.

Alkohol

Apakah Anda gemar mengonsumsi alkohol? Ternyata, jenis minuman itu tidak baik untuk sistem pencernaan, lo. Sama seperti jeruk, minuman beralkohol dapat melemahkan katup lambung.

Tak hanya itu, produksi asam lambung bisa meningkat saat Anda mengonsumsi alkohol, apalagi dalam jumlah banyak.

Minuman berkarbonasi

Selain minuman beralkohol, minuman berkarbonasi juga termasuk dalam pantangan asam lambung. Soda dalam minuman itu bisa membesar dan menekan organ pencernaan.

Akibatnya, Anda mengalami rasa sakit yang lebih besar. Kondisi kesehatan sistem pencernaan pun dapat memburuk.

Baca Juga: 6 Pantangan kolesterol yang patut diwaspadai

Tomat

Tomat termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Selanjutnya, tomat juga termasuk dalam makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Tidak hanya buahnya, saus atau sup yang terbuat tomat juga perlu Anda hindari.

Jenis bahan alami itu mengandung keasaman yang cukup tinggi sehingga tak baik untuk kesehatan tubuh.

Cokelat

Healthy UH menyebutkan bahwa cokelat perlu dihindari oleh penderita asam lambung. Ada banyak kandungan dalam cokelat yang bisa memperparah asam lambung naik. Misalnya, kafein, lemak, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 6 Makanan terlarang bagi penderita asam urat, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru