6 Pantangan kolesterol yang patut diwaspadai

Kamis, 05 Agustus 2021 | 16:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Pantangan kolesterol yang patut diwaspadai


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol dalam tubuh perlu Anda kontrol untuk menghindari risiko berbagai macam penyakit. Salah satu caranya adalah menghindari beberapa jenis makanan yang termasuk dalam pantangan kolesterol.

Melansir Eatthis.com, hindari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat olahan, minyak sayur, dan lemak jenuh. Jenis kandungan itu dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga tak baik untuk kesehatan.

Selain menghindari beberapa makanan di bawah ini, penting pula bagi Anda untuk melakukan cek rutin dengan dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh Anda bisa tetap terpantau. Jika memang diperlukan, biasanya dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kentang Goreng

Kentang goreng adalah salah satu jenis makanan cepat saji yang perlu Anda hindari sebagai cara menurunkan kolesterol. Sebenarnya, kentang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, cara pengolahan kentang gorenglah yang membuat nutrisi-nutrisi itu hilang.

Baca Juga: 8 Gejala tipes yang paling umum ditemui

Minuman Bersoda

Minuman bersoda termasuk dalam daftar pantangan kolesterol yang perlu Anda waspadai. Kandungan gula dalam minuman bersoda mampu meningkatkan trigliserida dalam tubuh. Di sisi lain, jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik justru berkurang.

Minyak Kelapa

Anda perlu berhati-hati jika sering mengonsumsi minyak kelapa karena jenis minyak itu berdampak buruk pada jumlah kolesterol. Mengutip dari Eatthis.com, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup banyak sehingga berbahaya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jeruk Bali

Jeruk bali termasuk salah satu pantangan kolesterol yang perlu Anda waspadai.

Umumnya, buah-buahan baik untuk kondisi tubuh Anda. Namun, penderita kolesterol tinggi perlu mewaspadai konsumsi jeruk bali. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi obat kolesterol. Dikhawatirkan, kandungan dalam jeruk bali bereaksi dengan obat yang Anda konsumsi sehingga menimbulkan efek samping.

Baca Juga: 6 Pantangan asam lambung ini sebaiknya Anda hindari

Biskuit

Apakah Anda suka makan biskuit? Ternyata, biskuit termasuk salah satu pantangan kolesterol yang perlu Anda hindari, lo. Dalam sebuah biskuit, ada banyak lemak jenuh dan jenis serat yang berpengaruh pada jumlah kolesterol dalam tubuh.

Sayap Ayam

Salah satu cara menurunkan kolesterol yang perlu Anda coba adalah membatasi konsumsi sayap ayam. Biasanya, sayap ayam digoreng bersama dengan kulitnya yang berlemak. Jenis makanan itu semakin berbahaya untuk kesehatan saat Anda menyantapnya bersama saus yang kurang sehat.

Selanjutnya: Waspadai 5 pantangan tekanan darah tinggi ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru