kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Pantangan asam lambung ini sebaiknya Anda hindari


Senin, 26 Juli 2021 / 07:02 WIB
6 Pantangan asam lambung ini sebaiknya Anda hindari
ILUSTRASI. Bawang merah termasuk salah satu pantangan asam lambung yang perlu Anda waspadai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam lambung bisa meningkat karena beberapa hal. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Supaya sistem pencernaan Anda tak bermasalah, ada beberapa pantangan asam lambung yang sebaiknya Anda waspadai.

Asam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan yang masuk. Namun, jumlah asam lambung yang terlalu banyak justru menyebabkan masalah. Misanyalnya, memicu kemunculan tukak lambung, mengakibatkan GERD, dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa menghindari konsumsi makanan-makanan ini hanya salah satu cara yang bisa Anda coba. Jika asam lambung terus mengakibatkan masalah kesehatan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Makanan Berlemak

Gastroenterology Consultants (gastroconsa.com) menyebutkan bahwa makanan berlemak dapat memicu jumlah asam lambung. Jenis makanan itu dapat memperlambat pencernaan di lambung. Saat ada makanan yang mengendap, produksi asam lambung justru semakin bertambah.

Baca Juga: Ini 4 gejala penyakit maag yang perlu Anda perhatikan

Makanan Asam

Selain makanan berlemak, makanan asam jadi panyangan asam lambung berikutnya yang perlu Anda waspadai. Beberapa jenis makanan asam yang dimaksud adalah tomat, nanas, dan jus buah. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan asam juga dapat memperparah GERD.

Bawang Merah

Anda perlu berhati-hati terhadap bawang merah karena jenis bahan alami itu memiliki dampak buruk untuk kesehatan sistem pencernaan. Bawang merah dapat meningkatkan produksi lemak. Tidak menutup kemungkinan Anda dapat mengalami heartburn atau muncul sensasi terbakar di bagian perut hingga mulut.

Cokelat

Tahukah Anda bahwa cokelat termasuk salah satu pantangan asam lambung? Kafein dan senyawa lain yang terdapat dalam cokelat dapat memicu asam lambung naik ke sistem pencernaan atas. Akibatnya, Anda bisa mengalami heartburn.

Baca Juga: Penderita asam lambung, sebaiknya hindari 6 makanan ini

Bawang Putih

Mengutip dari Gastroenterology Consultans, bawang putih juga berpengaruh pada produksi asam lambung. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Selain menyebabkan asam lambung tinggi, jenis bahan alami itu juga dapat menyebabkan sakit perut.

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan asam lambung.

Pantangan asam lambung berikutnya yang sebaiknya Anda waspadai adalah minuman beralkohol. Kandungan dalam jenis minuman itu dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan hingga mulut. Selain minuman beralkohol, minuman berkarbonasi pun sebaiknya Anda hindari.

Selanjutnya: Sebaiknya Anda Ketahui, Ini 4 Pantangan Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×