Ini 6 bahan alami yang bisa jadi obat mual ibu hamil

Rabu, 15 September 2021 | 08:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 bahan alami yang bisa jadi obat mual ibu hamil

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat mual ibu hamil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mual merupakan salah satu gejala hamil yang sering terjadi. Jika terus dibiarkan, frekuensi muntah pun meningkat yang mana mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Supaya hal itu bisa teratasi, ada beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat mual ibu hamil.

Perubahan hormon selama hormon adalah faktor yang bisa dijadikan penyebab mengapa Anda terus merasa mual. Indra penciuman saat hamil pun lebih peka. Jadi, Anda mudah merasa mual saat mencium aroma makanan dan minuman yang menyengat.

Selain menghindari sumber bau tertentu, cobalah mengatasi mual dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini. Karena berpotensi menyebabkan muntah, jangan lupa untuk terus minum air supaya tubuh tak dehidrasi.

Lemon

Parents (parents.com), merekomendasikan lemon untuk mengobati mual di pagi hari karena hamil. Anda hanya perlu mencium aroma lemon atau minum segelas air yang dicampur dengan air perasan lemon. Minyak lemon juga memberikan efek yang sama, jadi tak ada salahnya untuk menyimpannya di sekitar Anda.

Baca Juga: Ingin mengurangi gejala asam lambung? Coba 7 minuman ini

Makanan Berprotein

Makanan yang memiliki banyak protein juga bisa dijadikan obat mual ibu hamil. Menurut penelitian, makanan berpotein membuat tubuh lebih kuat sehingga mengurangi kemunculan rasa mual. Ada banyak jenis makanan kaya protein yang bisa Anda konsumsi, seperti yogurt, ikan, dan lain sebagainya.

Jahe

Bukan lagi jadi rahasia bila jahe digunakan sebagai obat mual ibu hamil. Anda bisa mencampur jahe pada makanan dan minuman yang Anda sukai. Minum air rebusan jahe juga bisa jadi pilihan yang tepat selama hamil.

Pisang

Apakah Anda suka makan pisang? Ternyata, jenis buah itu baik untuk dikonsumsi selama hamil, lo. Jenis buah itu memiliki banyak kalium dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh selama hamil.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi diare ini layak Anda coba, apa saja?

Sereal

Sereal bisa dijadikan obat mual ibu hamil.

Supaya mual selama hamil dapat berkurang, cobalah untuk rutin mengonsumsi sereal. Pilihlah jenis seral yang dipenuhi vitamin dan mineral. Anda juga perlu menghindari sereal yang penuh dengan pemanis buatan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca label kemasan.

Teh Herbal

Selain minum air putih, kebutuhan cairan tubuh selama hamil juga bisa Anda penuhi dengan rutin minum teh herbal. Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari teh herbal lemon, teh peppermint, teh kamomil, dan lain-lain.

Selanjutnya: Rempah Herbal Ini Bisa Bantu Atasi Masalah Perut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru