4 Cara mengatasi diare ini layak Anda coba, apa saja?

Selasa, 07 September 2021 | 08:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi diare ini layak Anda coba, apa saja?

ILUSTRASI. Cara mengatasi diare bisa Anda lakukan dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seseorang dikatakan mengalami diare jika feses yang keluar berair dan bertekstur lembek. Frekuensi buang air besar juga meningkat, yaitu lebih dari tiga kali dalam sehari. Cara mengatasi diare perlu segera Anda lakukan supaya kesehatan tubuh tak memburuk.

Apabila dibiarkan, tubuh Anda dapat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Tidak hanya itu, diare juga bisa menyebabkan demam, sakit perut parah, hingga pendarahan. Tentu saja hal itu tidak baik untuk kondisi tubuh Anda, kan?

Selain mengonsumsi obat di apotek, cara mengobati diare dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Namun, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Terlebih jika diare terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan supaya diagnosa yang tepat bisa Anda dapat. Tak ada salahnya pula untuk mendiskusikan beberapa bahan alami di bawah ini dengan dokter sebelum Anda gunakan sebagai obat diare alami.

Baca Juga: Nyeri perut kiri bawah bisa diatasi dengan 4 bahan ini

Teh

Mengutip dari Health (health.com), minum teh bisa jadi salah satu cara menyembuhkan diare. Ada banyak jenis teh yang bisa Anda coba, contohnya teh kamomil atau teh serai. Teh serai memang tak mengobati diare secara langsung, tapi nutrisi di dalamnya bisa mengurangi kram perut yang Anda rasakan.

Air Putih

Seperti yang telah dikatakan, diare yang berkepanjangan bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk minum banyak air putih. Umumnya, Anda perlu minum delapan gelas air putih setiap hari. Namun, jumlah itu bisa bertambah saat Anda menderita diare.

Jahe

Cara mengatasi diare selanjutnya yang layak untuk Anda coba adalah dengan mengonsumsi jahe. Ada banyak cara mengonsumsi jahe yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencampurnya dengan makanan yang Anda konsumsi, minum air rebusan jahe, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Selain mengatasi diare, mengonsumsi jahe juga bisa mengatasi mual, baik karena mabuk perjalanan, hamil, atau faktor lain. Namun, pastikan untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Khususnya bagi Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki kondisi kesehatan yang lain.

Baca Juga: Jangan panik, 6 bahan ini bisa jadi obat diare anak

Pisang

Salah satu cara mengatasi diare adalah dengan mengonsumsi pisang.

Mengonsumsi pisang jadi cara mengatasi diare lainnya yang direkomendasikan Health. Kalium yang terkandung dalam pisang mampu menyembuhkan diare secara efektif. Jenis buah itu juga mudah dicerna tubuh.

Selain mengonsumsi beberapa jenis bahan alami yang telah disebutkan, penting bagi Anda untuk membatasi konsumsi jenis makanan yang lain. Hindari mengonsumsi susu, makanan pedas dan berlemak, dan alkohol supaya sakit perut akibat diare tak bertambah parah.

Selanjutnya: 6 Kiat menghilangkan mual akibat asam lambung naik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru