Jangan panik, 6 bahan ini bisa jadi obat diare anak

Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan panik, 6 bahan ini bisa jadi obat diare anak

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami diare. Biasanya, kondisi itu membuat Anda sebagai orangtua panik. Supaya tubuh anak kembali sehat, ada banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat diare anak, lo.

Anak-anak memiliki sistem pencernaan yang lebih sensitif daripada orang dewasa. Hal itulah yang membuat anak rentan mengalami diare. Biasanya, tekstur feses yang keluar lebih lunak dan mengandung banyak air. Frekuensi buang air besar pun meningkat saat sistem pencernaan anak terganggu.

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah menjaga asupan cairan supaya tubuh anak tak dehidrasi. Selain memberikan ASI atau air beras, cobalah untuk memberikan beberapa jenis makanan ini pada anak yang menderita diare.

Jahe

Firstcry.com merekomendasikan jahe supaya diare anak dapat teratasi dengan baik. Anda bisa menambahkan sedikit garam pada jahe untuk memaksimalkan efeknya. Usahakan untuk memberikan jahe secara rutin sampai diare benar-benar sembuh.

Baca Juga: Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini

Lemon

Lemon bisa Anda jadikan obat diare anak yang berusia lebih dari delapan bulan. Kandungan dalam lemon mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan meningkatkan sistem imun. Cobalah untuk mencampur air perasan lemon dalam segelas air. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam di dalamnya.

Sup Ayam

Cara menyembuhkan diare berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan sup ayam pada anak. Jenis makanan itu lebih mudah untuk dicerna tubuh. Tak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sup ayam mampu menutrisi tubuh dengan baik.

Kentang Rebus

Obat diare anak berikutnya yang bisa Anda coba adalah kentang rebus. Sama seperti sup ayam, kentang rebus mengandung banyak nutrisi penting yang mampu menjaga kesehatan tubuh anak. Anda bisa mencampur kentang rebus dengan makanan bergizi yang lain.

Baca Juga: Jangan sepelekan, 5 penyebab diare ini bisa Anda alami

Air Kelapa

Air kelapa dapat Anda jadikan obat diare anak.

Tahukah Anda bahwa air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati diare? Tentu saja air kelapa dapat menghindarkan tubuh anak dari dehidrasi. Tidak berhenti sampai di situ, air kelapa juga mengandung garam alami, glukosa, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

Delima

Supaya diare anak bisa sembuh dengan lebih cepat, tak ada salahnya untuk memanfaatkan delima. Anda bisa memberikan jenis buah itu pada anak berusia enam bulan hingga lima tahun. Selain dikunyah secara langsung, mencampur ekstrak delima dengan segelas air juga bisa Anda lakukan.

Selanjutnya: Inilah cara mengatasi flu tanpa minum obat-obatan apotik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru