kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini


Kamis, 12 Agustus 2021 / 07:17 WIB
Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini
ILUSTRASI. Jahe, lemon, dan bahan alami yang lain dapat Anda manfaatkan untuk mengobati nyeri perut kiri bawah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri perut kiri bawah bisa dialami siapa saja. Biasanya, wanita mengalami kondisi itu saat memasuki siklus menstruasi. Saat siklus berhenti, rasa sakit pun hilang. Selain menstruasi, masih banyak faktor lain yang perlu Anda perhatikan.

Mengutip dari Findatopdoc.com, infeksi saluran kencing jadi faktor lain yang menyebabkan nyeri perut bagian bawah. Beberapa gejala yang bisa Anda alami adalah frekuensi buang air kecil meningkat dan muncul rasa sakit saat Anda kencing.

Tidak berhenti sampai di situ, sakit perut bawah juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pencernaan. Biasanya, usus besar terinfeksi atau mengalami masalah tertentu. Selain menimbulkan sakit perut, BAB berdarah, perut kembung, diare, dan sembelit menjadi lebih sering Anda alami.

Tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah-masalah tersebut. Apalagi jika skait perut dibarengi dengan kondisi lain yang memperparah kondisi kesehatan. Namun, jika nyeri perut kiri bawah tak terlalu serius, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami ini.

Baca Juga: 15 Cara mengatasi asam lambung tinggi secara alami

Air Lemon

Findatopdoc.com merekomendasikan air lemon untuk mengobati sakit perut. Terlebih jika sakit perut muncul akibat masalah pada sistem pencernaan. Zat asam yang terkandung dalam lemon mampu meningkatkan produksi asam hidroklorik sehingga makanan bisa tercerna secara optimal.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi air lemon juga bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Dengan begitu, dehidrasi dapat Anda hindari sehingga sistem pencernaan berjalan dengan maksimal.

Teh Kamomil

Mengonsumsi teh kamomil juga bisa mengurangi nyeri perut kiri bawah, lo. Kandungan dalam jenis teh itu mampu mengendurkan otot di sekitar sistem pencernaan. Saat hal itu terjadi, makanan dan minuman bisa berjalan di saluran pencernaan dengan lebih mudah sehingga rasa sakit dan kram perut dapat berkurang.

Baca Juga: 5 Faktor penyebab sakit pinggang, sebaiknya Anda waspada

Jahe

Obat sakit perut berikutnya yang layak untuk Anda coba adalah jahe. Sama seperti teh kamomil, kandungan dalam jahe mampu membuat otot rileks. Anda bisa mengonsumsi jenis rempah itu untuk mengatasi perut kram dan perut kembung akibat siklus menstruasi.

Daun Mint

Mengonsumsi daun mint bisa jadi salah satu cara mengobati nyeri perut kiri bawah.

Jika Anda mencari bahan alami untuk mengobati sakit peurt, maka tak ada salahnya untuk mencoba daun mint. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Campur daun mint dengan air panas lalu minum air tersebut secara rutin. Mencampur daun mint pada teh herbal juga bisa Anda coba.

Selanjutnya: Tak hanya kanker, ini 4 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×