kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,89   3,53   0.38%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan sepelekan, 5 penyebab diare ini bisa Anda alami


Jumat, 13 Agustus 2021 / 08:32 WIB
Jangan sepelekan, 5 penyebab diare ini bisa Anda alami
ILUSTRASI. Ada berbagai macam faktor yang bisa jadi penyebab diare. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja. Jika terus dibiarkan, kondisi itu bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Supaya bisa mendapat perawatan yang tepat, penyebab diare perlu Anda perhatikan.

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), diare bisa muncul karena faktor genetik. Biasanya, kondisi itu dialami beberapa bulan setelah bayi lahir. Tentu saja Anda perlu segera memeriksakan bayi ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai.

Selain faktor genetik, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan diare. Mengetahui penyebab masalah pencernaan itu juga bisa jadi salah satu langkah pencegahan sehingga kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Keracunan Makanan

Mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan keracunan. Ada berbagai macam hal yang membuat makanan menjadi beracun. Mulai dari makanan yang disimpan dalam suhu yang kurang sesuai, cara penanganan makanan yang kurang bersih, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengatasi diare pada bayi dan anak-anak

Flu Perut

Flu perut jadi penyebab diare berikutnya yang bisa dialami oleh siapa saja. Masalah kesehatan itu terjadi karena infeksi virus, seperti norovirus atau rotavirus. Biasanya, flu perut berlangsung selama tiga hingga delapan hari. Gejala selain diare yang bisa Anda alami adalah demam, muntah, dan badan terasa sakit.

Alergi Makanan

Selain keracunan makanan, alergi makanan juga bisa memicu terjadinya diare. Setiap orang memiliki alergi makanan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Gejala alergi umumnya muncul dalam kurun waktu 24 jam setelah Anda mengonsumsinya.

Irritable Bowel Syndrome

Irritable bowel syndrome atau IBS jadi penyebab diare berikutnya yang perlu Anda waspadai. Tidak hanya menyebabkan diare, masih ada gejala IBS lain yang bisa terjadi. Misalnya, sembelit atau perut kembung. Umunya, kondisi itu terjadi selama enam bulan. Jadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 4 Penyebab nyeri perut bagian bawah yang Anda alami

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat bisa jadi penyebab diare.

Very Well Health menyebutkan bahwa mengonsumsi jenis obat tertentu bisa memicu kemunculan diare. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah pengobatan kemoterapi, antibiotik, atau jenis obat lain yang bersifat laksatif.

Beberapa jenis obat dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam perut sehingga Anda mengalami diare. Jika Anda mengalami diare yang mengganggu setelah mengonsumsi obat, jangan ragu untuk segera mengkonsultasikannya dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×