Bayi cegukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Jumat, 11 Desember 2020 | 08:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bayi cegukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

ILUSTRASI. Bayi cegukan disebabkan oleh udara dalam perut yang terlalu banyak. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan. Cegukan bayi terjadi ketika tubuh berusaha mengeluarkan udara berlebih yang ada di perut. Hal itu memicu diafragma untuk berkontraksi sehingga pita suara menutup dengan cepat.

Saat udara dipaksa keluar melalui pita suara yang tertutup, suara cegukan pun muncul. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa belum ada penyebab pasti mengapa cegukan terjadi. Namun, kondisi itu bisa dipicu oleh beberapa hal.

Mulai dari terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, atau kegiatan lain yang membuat udara banyak masuk ke tubuh. Jika cegukan terjadi terlalu sering dan membuat khawatir, ada baiknya untuk segera memeriksakan bayi ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Jika bayi Anda mengalami cegukan, ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Mulai dari membuat bayi bersendawa, memijat punggung bayi dan memakaikan dot, serta menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Sering sesak nafas saat asam lambung naik? Begini cara mengatasinya

  • Sendawa

Seperti yang telah dikatakan, cegukan terjadi karena ada terlalu banyak udara dalam perut bayi. Maka dari itu, Anda bisa berhenti menyusui sehingga bayi memiliki waktu untuk bersendawa. Mengutip dari Medical News Today, ada baiknya untuk membuat bayi bersendawa tiap minum 2 – 3 ons susu.

  • Dot dan Pijat Punggung Bayi

Selain membuat bayi bersendawa, memakaikan dot juga bisa jadi cara mengatasi cegukan yang dialami bayi. Alat tersebut membuat diafragma rileks sehingga cegukan bisa berhenti. Efek yang sama juga bisa didapat saat Anda memijat punggung bayi.

  • Bahan Alami

Jahe adalah salah satu bahan alami yang bisa dipakai untuk menghentikan cegukan bayi.

Jika cara-cara di atas belum bisa menghentikan cegukan, ada baiknya untuk memberikan minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami. Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan adalah jahe, kayu manis, dan kamomil.

Anda bisa mencampurkan bahan tersebut dengan air lalu meminumkannya pada bayi. Meski demikian, belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Jadi, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: Cegukan pada bayi tidaklah berbahaya, bahkan baik untuk perkembangan otak

Cara Mencegah Bayi Cegukan

Bayi cegukan biasanya tak bisa dicegah, tapi ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan supaya kondisi tersebut tak terjadi terlalu sering. Pertama, beri makan bayi dalam frekuensi sering, tapi dalam ukuran yang kecil.

Kedua, dudukkan bayi setengah jam setelah makan. Ketiga, posisikan botol minum bayi dengan benar supaya bayi tak menyedot terlalu banyak udara. Keempat, pastikan mulut bayi menempel dengan benar pada dot, botol bayi, atau puting saat minum susu.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan cegukan yang patut dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru