4 Cara menghilangkan cegukan yang patut dicoba

Kamis, 17 September 2020 | 14:09 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan cegukan yang patut dicoba

ILUSTRASI. Mengulum sejumput gula bisa jadi cara menghilangkan cegukan. KONTAn/Muradi/2017/09/14

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Saat terjadi, hal itu bisa mengganggu Anda ketika berbicara atau makan. Cara menghilangkan cegukan perlu dilakukan agar Anda kembali nyaman.

Cegukan terjadi saat otot diafragma tak sengaja mengejang. Saat hal itu terjadi dan Anda mengambil napas, pita suara menutup dengan keras sehingga Anda menghasilkan bunyi saat cegukan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cegukan. Mulai dari stres, makan terlalu banyak dan cepat, mengonsumsi alkohol, minuman berkarbonasi, atau makanan pedas. Beberapa cara menghilangkan cegukan berikut bisa Anda coba.

Atur Pernapasan

Mengatur napas bisa jadi salah satu cara terbaik menghilangkan cegukan. Healthline merekomendasikan, hirup udara sebanyak-banyaknya lalu tahan selama 10 hingga 20 detik. Setelah itu, keluarkan napas secara perlahan. Anda bisa mengulanginya beberapa kali.

Baca Juga: Cegukan pada bayi tidaklah berbahaya, bahkan baik untuk perkembangan otak

Selain itu, Healthline juga merekomendasikan cara lain, yaitu menggunakan tas kertas. Tempatkan tas kertas hingga menutup hidung dan mulut. Atur pernapasan Anda secara perlahan dengan mengembang dan mengempiskan tas kertas. Jangan gunakan kantong plastik karena berbahaya.

Tekan Beberapa Titik Tubuh

Cara menghilangkan cegukan lainnya yang bisa Anda coba adalah menekan beberapa titik tubuh. Menekan titik tubuh yang tersebar di beberapa titik bisa membuat diafragma menjadi lebih rileks.

Salah satu cara yang disarankan Healthline adalah mendorong lidah ke langit-langit mulut. Hal itu bisa menstimulus saraf dan otot tenggorokan. Tekan langit-langit mulut kemudian dorong lidah ke depan sebanyak satu hingga dua kali.

Baca Juga: Begini cara mudah atasi cegukan selain dikagetin

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Mengonsumsi beberapa jenis makanan bisa jadi cara menghilangkan cegukan. Misalnya, letakkan sejumput gula di atas lidah. Biarkan selama lima hingga 10 detik sebelum Anda menelan gula tersebut.

Lakukan Kegiatan Lain

Melakukan kegiatan lain bisa mendistraksi Anda dari cegukan yang sedang dialami. Healthline menyarankan agar Anda melakukan kegiatan yang membuat Anda fokus, seperti bermain gim, puzzle, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Cegukan, bisa jadi tanda hamil hingga stroke

Editor: Belladina Biananda


Terbaru