kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantu Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan


Sabtu, 04 Maret 2023 / 11:05 WIB
Bantu Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Selama ini, seledri sendiri cukup diolah menjadi sop untuk menambah cita rasa masakan. Padahal ada sejumlah manfaat daun seledri untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat. 

Seledri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi. 

Seledri juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. Selain itu, seledri juga mengandung berbagi jenis antioksidan seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. 

Untuk itu, ada banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat seledri untuk kesehatan?  

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Bikin Asam Urat Kabur, Terbuat Dari Bahan Alami

8 Manfaat seledri untuk kesehatan  

Manfaat daun seledri yakni sebagai sumber antioksidan.

Nah, berikut ini 8 manfaat daun seledri untuk kesehatan seperti dikutip dari Healtline dan Kementerian Kesehatan:

1. Manfaat daun seledri sebagai sumber antioksidan

Manfaat daun seledri yakni sebagai sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif. 

Baca Juga: 5 Sayuran Berdaun Hijau Ini Bikin Tekanan Darah Tinggi Rontok

Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Bahkan setidaknya ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri. 

Manfaat seledri juga sebagai sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

Baca Juga: Ingin Jadi Vegan? Siapkan Dulu 4 Jenis Suplemen Kesehatan Ini

2. Manfaat daun seledri untuk mengurangi peradangan

Selanjutnya, manfaat daun seledri juga bisa mengurangi peradangan. Peradangan kronis sering dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. 

Seledri dan biji seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi, sehingga manfaat daun seledri dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan di dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Makanan Alami yang Bisa Bikin Asam Urat Tak Berkutik, Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

3. Manfaat seledri mendukung pencernaan

Manfaat daun seledri ternyata bagus untuk mendukung sistem pencernaan. Polisakarida berbasis pektin dalam seledri, termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, telah terbukti mengurangi gejala sakit maag, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung. 

Seledri mengandung air ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak. Semua manfaat seledri itu mendukung saluran pencernaan yang sehat dan membuat Anda tetap teratur. 

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Jus Seledri Secara Rutin, Bisa Bantu Proses Diet

4. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah juga merupakan salah satu manfaat daun seledri bagi kesehatan. Seledri kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, senyawa ini diperkirakan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. 

Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah lebih stabil.

Baca Juga: Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat Tinggi, Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Di Kuku

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

Kemudian, manfaat daun seledri bagi kesehatan adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Ekstrak etil asetat yang terkandung dalamdaun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah. 

Bahkan Berbagai studi menunjukkan hasil bahwa konsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah cukup tinggi, bisa mencapai 20%.

Baca Juga: ​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Bagi yang ingin mengonsumsi bisa mencampurnya dengan mentimun agar lebih segar. Seledri dan timun mengandung indeks glikemik rendah. 

Kedua bahan ini memiliki efek lambat terkait kenaikan pada gula darah. Timun juga dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes.

Baca Juga: Konsumsi Rutin! Ini Sederet Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Payudara

Manfaat daun seledri bagi kesehatan juga dapat menjaga kesehatan organ hati.

6. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Selain untuk mengontrol gula darah, manfaat daun seledri juga cocok dipakai untuk mengatasi masalah kolesterol. Utamanya menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Manfaat daun seledri untuk kesehatan ini berasal dari senyawa 3-n-butylphthalide yang sangat tinggi. Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. 

Apabila sering mengeluh kolesterol yang tak kunjung turun, cobalah konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang unik.

Baca Juga: Bisa Cegah Batu Ginjal, Cek Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

7.  Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat daun seledri bagi kesehatan juga dapat menjaga kesehatan organ hati. Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. 

Selain itu, menurut sebuah penelitian pada 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting dalam pengobatan untuk berbagai masalah liver.

Baca Juga: 10 Obat Asam Urat Alami Herbal, Salah Satunya Jahe

8. Baik untuk menjaga kesehatan ginjal

Manfaat daun seledri untuk ginjal karena mengandung vitamin C, B, A, dan zat besi tinggi yang melindungi ginjal serta liver. 

Manfaat daun seledri untuk ginjal bisa Anda dapatkan dengan merebus beberapa helai batang dan daun seledri dengan 1 liter air. Lalu masak hingga mendidih selama 10 menit. 

Tuangkan dalam botol dan simpan dalam lemari es. Lalu konsumsi rebusan air daun seledri ini satu gelas setiap hari.

Demikian sejumlah manfaat daun seledri untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×